TANJUNG, metro7.co.id – Gelaran bazar UMKM Adarospectapreneur 5.0 2024 dibuka secara resmi Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, Jum’at (30/8) di Tanjung Expo Center Mabuun Kecamatan Murung Pudak.

Ketua Panitia Bazar UMKM Adarospectapreneur 5.0, Adam mengatakan, ada sekitar 151 UMKM lokal binaan PT Adaro yang dilibatkan dalam kegiatan bazar ini disamping juga ada sekitar 100 UMKM lainnya yang turut berpartisipasi.

Kemudian ada para komunitas kreatif yang dilibatkan dalam gelaran festival kue tradisional, kemudian festival massal tari radap rahayu, melukis dan mewarna, parade gerobak pentol halal dan sehat, dan tidak ketinggalan festival kuntau.

Selain itu di acara puncak akan dilakukan deklarasi komunitas kreatif Tabalong. “Sekaligus deklarasi penetapan pembuatan Komite Ekonomi Kreatif yang akan jadi pertama dan satu-satunya di Kalsel,” katanya.

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah dalam sambutannya saat membuka kegiatan bazar menyampaikan, sebagai rangkaian acara dari Peringatan Hari UMKM Nasional Tahun 2024, sangat menyambut baik adanya kegiatan ini.

“Melalui momen ini saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Adaro Indonesia yang dari tahun ke tahun selalu konsisten memberikan support terhadap perkembangan UMKM yang ada di Tabalong dan mengadakan bazar seperti ini. Perkembangan UMKM di Kabupaten Tabalong akan semakin dekat untuk mewujudkan UMKM yang maju dan berkelanjutan,” katanya.

Pj Bupati meminta semua pihak harus bangga dengan UMKM yang tumbuh begitu pesat. Sektor UMKM menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah dalam pembangunan daerah. Saat ini dari 254.348 pelaku UMKM se Kalimantan Selatan, 25.666 diantaranya berada di Kabupaten Tabalong.

Oleh karenan ituvperlu mendorong para pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya sehingga mampu bersaing di pasar luas, terlebih Kabupaten Tabalong yang berada dekat dengan IKN.

“Saya berharap melalui kerjasama yang terjalin di acara ini, UMKM di Tabalong dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian daerah. Kolaborasi yang konsisten perlu terus kita lakukan agar dapat mewujudkan tujuan bersama,” harapnya. ***