TANJUNG, metro7.co.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung bersama mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin menggelar pelatihan pemulasaran jenazah, Sabtu (19/10) di Masjid Al-Mustaqim Rutan Tanjung

Guna meningkatkan pengetahuan bagi WBP Rutan Tanjung, sebanyak 40 WBP antusias mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah ini.

Karutan Tanjung, Boy Irfan Arslan, mengatakan, tujuan dari kegiatan positif ini, yakni mempersiapkan WBP agar siap bersosial masyarakat ketika selesai masa tahanan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini mereka dapat menjadi orang yang berguna di sosial masyarakat terutama ketika adanya penyelenggaraan jenazah,” ujarnya.

Menurutnya, mahasiswa yang sedang mengabdi atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sini sudah dapat memberikan dampak positif bagi WBP hingga nanti kepada masyarakat.

Sosial masyarakat menjadi tantangan bagi WBP sekarang, bagaimana caranya mereka kembali dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Maka dari itu WBP perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan di keagamaannya agar memberikan dampak positif pada lingkungan,” ungkapnya.

Sementara Kasubsi Pelayanan Tahanan, Brillian Hanenda Putra, menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu pelayanan Rutan untuk warga binaan.

“Kami disini menyediakan pelatihan pemulasaran jenazah, harapannya dengan kegiatan ini warga binaan nantinya dapat ikut andil di masyarakat dalam pelaksanaan keagamaan dalam pemulasaran jenazah,” tambahnya. ***