TANJUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong melalui melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tabalong mulai menyiapkan usulan formasi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 ini.

Disampaikan oleh Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Peningkatan Kapasitas ASN (P3KA) BKPSDM Tabalong, Verawati Ramli, bahwa pihaknya saat ini mulai menyiapkan pengusulan CASN tahun ini dengan kuota sebanyak 900 formasi.

“900 itu hasil perhitungan kemampuan keuangan daerah dan hasil verifikasi BPKAD,” ungkapnya pada metro7, Kamis (11/1/2024).

“Usulannya paling lambat tanggal 31 Januari 2024, usulan itu sudah clean and clear, sudah sesuai jenis jabatannya dan sudah di upload di e-formasi Menpan,” lanjutnya.

Disamping itu, Vera menjelaskan formasi yang diusulkan sendiri terbagi dua, yakni untuk CPNS sebanyak 10 persen dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 90 persennya.

“Formasi PPPK itu khusus teman-teman non ASN kemudian formasi CPNS bagi fresh graduate atau umum,” terangnya.

Terkait 10 persen formasi CPNS ini, statusnya masih belum mutlak, karena kata Vera, bisa saja berubah atau lebih tergantung menyesuaikan kebutuhan dan saat ini pihaknya masih dalam tahapan penyusunan formasi jabatannya.

Dengan adanya pengadaan CASN untuk fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, Vera mengharapkan kedepannya agar para pelamar dapat benar-benar diperhatikan terkait pengadministrasian.

“Teman-teman non ASN administrasi disiapkan, karena tingkat ketidaklulusan administrasi masih tinggi,” pungkasnya. ***