TANJUNG – Koramil 1008-04 Tanta melaksanakan kegiatan bhakti sosial pembuatan jamban masyarakat di beberapa desa dalam wilayah kerja yang meliputi kecamatan Tanta dan kecamatan Murung Pudak, bhakti sosial yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari program pimpinan pusat TNI-AD yaitu pembuatan sejuta jamban, serta program Kodim 1008 Tanjung agar setiap Koramil jajarannya melaksanakan kegiatan pembuatan jamban masyarakat. Yakni program berbasis masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan sehat.
 Komandan Koramil 1008-04 Tanta Kapten Inf Uung Sutandi saat memimpin kegiatan bhakti sosial pembuatan jamban masyarakat mdi Urata desa Puain Kanan Selasa (28/07) mengatakan pihaknya mentargetkan pembuatan jamban masyarakat sebanyak 12 buah bagi warga yang belum memiliki jamban (WC). Dalam pembuatan jamban masyarakat pihak Koramil juga bekerjasama dengan pemerintah kecamatan.
Kapten Inf Uung Sutandi menambahkan, bahwa TNI senantiasa siap membantu masyarakat sebatas kemampuan yang ada seperti pembuatan jamban masyarakat yang sedang dilaksanakan . 
Ia mengakui keterbatasan dana yang tersedia sehingga target dan sasaran hanya sebanyak 12 jamban diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu yang belum memiliki. Ia juga berharap dukungan dan partisipasi dari masyarakat maupun dari pihak lain sehingga pembuatan jamban bisa ditambah lagi jumlahnya. 
“Kami hanya bisa membantu tenaga dan sebatas material yang bisa diupayakan seperti semen, kloset,” katanya berharap dengan pembuatan jamban, maka masyarakat tidak lagi membuang hajat ke sungai.
Sementara itu pada Kamis (30/07) puluhan anggota Koramil 1008-04 Tanta kembali melakukan kegiatan bhakti sosial membuat jamban masyarakat di desa Mangkusip dengan dibantu warga sekitar termasuk kepala desanya H.Nurdin dan sekretaris desa Abdul Majid.
Isah warga Mangkusip yang dibuatkan jamban oleh TNI mengaku senang sekali bisa dibantu pembuatan jamban/wc. “Kami sekeluarga tidak lagi membuang hajat ke sungai,” katanya. (metro7/via)