BARABAI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana, di Auditorium Pemkab HST. Senin (1/12)
Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati HST Dr H Harun Nurasid dan dihadiri oleh Sekretrais Daerah HST H A Agung Parnowo, Asisten Bidang Pemerintahan H Wildon, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial HST Ainur Rafiq, Kepala BPBD HST Harliansyah, Ketua Umum Balakar 654 Murakata H Fajeri, dan undangan lainnya.
Pada kesempatan itu, Kepala BPBD HST menuturkan untuk tahun 2015 ini mereka akan membuat pemetaan kebencanaan di HST. Pemetaan tersebut bekerjasama dengan Unlam Banjarmasin.
“Dengan melalui pemetaan tersebut, kita akan tahu titik-titik rawan bencana di HST, sehingga kita lebih siap tanggap dalam mengantisipasi bencana alam maupun  musibah lainnya,” kata Harli.
Sementara itu, Kepala Disnakertransos HST Ainur Rafiq juga mengungkapkan bahwa di tahun 2015 ini, pihaknya sudah mengajukan penganggaran pengadaan tenda dan perahu karet yang digunakan pada saat terjadi bencana.
“Mudah-mudahan saat menghadapi bencana, pemerintah siap tanggap untuk mengevakuasi korban dan mendirikan posko-posko bencana di setiap titik strategis yang lebih aman,” ungkap Rafiq.
Sekda HST H A Agung Parnowo pada kesempatan yang sama juga mengapresiasi atas program kerja dari BPBD HST, Dinas Sosial maupun Balakar 654 Murakata dan lainnya yang berusaha untuk meningkatkan antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi bencana yang akan terjadi di HST.
“Pemerintah Daerah selalu berusaha untuk memberikan jalan terbaik dan tidak akan mempersulit para petugas dilapangan, dan saya berharap selalu menjalin koordinasi dan sinergi yang baik antara petugas dan pemda demi kelancaran penanggulangan bencana di daerah,” harap Sekda. (AdvHumHST)