Dalam usianya yang masih muda, Kabupaten Balangan terus melaksanakan pembangunan ke arah yang lebih baik dan maju, agar tak ketinggalan dari daerah lain. Ini pula yang membuat Bupati Balangan, Ir H Sefek Effendie bertekad untuk  memberikan kemudahan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya (investasi) di Balangan.
  ”Kami menjamin kemudahan bagi setiap investor yang ingin menjalankan usahanya di Kabupaten Balangan,” kata sefek pada suatu kesempatan.
  Menurutnya, jaminan yang diberikan adalah berupa kemudahan permohonan izin, sepanjang seluruh syarat dan ketentuan dipenuhi. Pihaknya sudah menginstruksikan seluruh aparatur bidang perizinan, baik di kelurahan, kecamatan maupun dinas teknis untuk memberikan kemudahan kepada setiap investor.
  “Jika saat berurusan dipersulit atau diminta menyediakan sejumlah uang, silahkan melapor. Setiap laporan akan ditindaklanjuti termasuk memberikan sanksi kepada oknum pegawai yang terlibat,” tegas Sefek.
  Pemerintah juga sudah menetapkan besaran tarif atau retribusi perizinan yang diperlukan, sehingga pemohon tidak perlu khawatir dan takut dikenakan biaya tinggi.
  Perizinan secara khusus ditangani Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) yang menerbitkan surat izin setelah permohonan mendapat rekomendasi dari instansi terkait yang mengawasinya.
  ”Besaran retribusi sudah dituangkan dalam Peraturan Daerah, sehingga jika diminta membayar biaya perizinan lebih besar dari retribusi yang ditetapkan, silahkan dilaporkan,” kata Sefek.
  Selain memberikan jaminan kemudahan bagi investor, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk menciptakan suasana tenang dan kondusif di tengah lingkungan masyarakat.
  ”Sejauh ini, suasana Balangan tenang dan kondusif berkat kerjasama dengan pihak kepolisian. Kami berharap situasi ini semakin menarik minat investor,” ujarnya.
  Ditambahkan Sefek, Pemkab Balangan membuka peluang seluas-luasnya bagi investor untuk menanamkan modal dan berusaha, apalagi masih banyak kawasan di kota ini yang bisa dikembangkan sebagai tempat usaha. Salah satunya, masih banyaknya lahan kosong di pinggiran jalan utama yang bisa dijadikan kawasan perumahan.
”Bagi developer yang berminat, apakah itu warga Balangan sendiri maupun pengusaha luar, silahkan datang ke Balangan,” ajak Sefek sembari menambahkan, salah satu kawasan pengembangan adalah Kecamatan Paringin Selatan (Parsel), Paringin dan Batu Mandi yang berpotensi dijadikan kawasan industri,perdagangan dan jasa. Metro7/Sri