TANJUNG, metro7.co.id – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani membuka Rapat Kerja (Raker) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tabalong, Kamis (12/1) di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Dalam sambutan dan arahannya mengatakan, rapat kerja korpri Kabupaten Tabalong yang bertujuan untuk membicarakan hal-hal yang terkait tentang laporan keuangan, evaluasi program kegiatan Tahun 2022 dan penyusunan kegiatan atau program korpri Tahun 2023.

Bupati Anang meminta perhatian kepada pengurus korpri, agar korpri di Tabalong ini bisa menjadi organisasi pembelajaran supaya bisa menunjang tugas pokok dan fungsi kita sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Karenanya, bisa saja korpri ini melaksanakan kegiatan-kegiatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, atau meningkatkan keterampilan bagi anggotanya menjelang purna tugas. Dengan cara seperti ini lalu kita merasa, bahwa organisasi ini bermanfaat bagi kita,” katanya.

“Kemudian bupati meminta, tumbuhkan soliditas diantara kita, dan tumbuhkan rasa kebanggaan sebagai Aparatur Sipil Negara, serta perasaan satu korps,” tambahnya

Bupati Anang selaku ketua dewan penasehat korpri juga mengingatkan tentang netralitas anggota korpri dalam menghadapi pemilu, jaga netralitas.

Sementara Wakil Ketua II Korpri Tabalong, H Rusmadi menyampaikan, rapat kerja korpri adalah forum komunikasi, evaluasi dan konsultasi dalam mengembangkan keterpaduan dan koordinasi pelaksanaan program kerja di kabupaten yang dilaksanakan setiap tahun.

Setiap tingkat kepengurusan korpri berkewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan atas pelaksanaan program, dan kegiatan pada forum rapat.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan rapat kerja tahunan ini adalah sebagai forum komunikasi dewan pengurus dengan dewan penasehat untuk melakukan konsultasi dan memperoleh rekomendasi dari dewan penasehat untuk menentukan langkah-langkah strategis bagi organisasi,” jelasnya.

“Selain itu kegiatan dimaksudkan sebagai wadah untuk melakukan evaluasi atas program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2022, serta menyampaikan laporan pertanggung jawaban keuangan sekaligus penyusunan program dan kegiatan korpri Kabupaten Tabalong Tahun 2023,” bebernya.

Rusmadi juga menyampaikan, jumlah anggota korpri saat ini pertanggal 12 Januari 2023 adalah untuk Pegawai Negeri Sipil berjumlah 4.074 orang, dan untuk P3K berjumlah 505 orang.

“Khusus P3K pada hari ini akan dimintakan rekomendasi dari dewan penasehat dan kesepakatan dari anggota dewan pengurus korpri dan unit kabupaten dan kecamatan untuk nantinya akan diakomodir sebagai anggota korpri dengan segala hak dan kewajiban sebagaimana anggota dari pegawai negeri sipil,” tutupnya.

Rapat kerja korpri Kabupaten Tabalong ini langsung dipimpin ketua korpri Tabalong, H Abdul Muthalib Sangaji.