Tanjung–Puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) tingkat Kabupaten Tabalong, Sabtu (19/1) tadi, dimeriahkan dengan kegiatan jalan santai dan donor darah di lapangan Komplek Pertamina Kecamatan Murung Pudak.
Melalui kegiatan jalan santai dan donor darah ini diharapkan masyarakat dapat mengetahui budaya K3 yang dicetuskan oleh pemerintah pusat, yakni dengan program “Saya Ingin Selamat”. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan kerja.
Angka kecelakaan kerja di Indonesia termasuk tinggi, di mana insiden terjadi per 100.000 tenaga kerja. Pemerintah pusat melalui Kemenakertrans menekankan agar budaya K3 dapat diterapkan melalui sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3).
Oleh karena itu dengan kegiatan jalan sehat dan donor darah ini masyarakat diberikan wawasan pengetahuan tentang pentingnya K3 untuk dilaksanakan dimana pun berada. Bukan hanya di kalangan industri, akan tetapi dimana pun berada saat melakukan pekerjaan hendaknya kita menjaga keselamatan jiwa sesuai motto program ”Saya Ingin Selamat”.
Jalan santai ini akan dilakukan dengan rute sepanjang wilayah kompleks Pertamina Kecamatan Murung Pudak. Pihak panitia menyediakan hadiah menarik seperti sepeda motor, televisi, mesin cuci, sepeda gunung, berbagai merk handphone, kompor gas, dan ratusan hadiah hiburan lainnya.
“Banyaknya hadiah yang diberikan panitia ini diharapkan dapat memberikan stimulan kepada masyarakat untuk ikut memeriahkan kegiatan Jalan santai dan donor darah tersebut sehingga kami dapat memberikan pesan-pesan dan harapan agar budaya K3 benar-benar dimengerti dan diberdayakan oleh masyarakat Kabupaten Tabalong,” kata Fatur, salah satu panitia penyelenggara.
Pria yang juga PNS di Bagian Humas Setda Tabalong ini menambahkan, pelaksanaan Bulan K3 harus disukseskan secara bersama-sama oleh semua stakeholder. Yakni pemerintah daerah (sektor publik) dan swasta (sektor private) sehingga masyarakat memahami betapa pentingnya K3 itu diterapkan dan dibudayakan baik di lingkungan kerja maupun di manapun berada.
Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Irwan, menjelaskan BK3N tahun 2013 ini mengambil thema “Budayakan K3 di setiap usaha menuju masyarakat industri yang selamat, sehat dan produktif”. “Diharapkan masyarakat luas pada umumnya mengetahui akan pentingnya K3 ini sehingga bisa menjadi budaya kerja di setiap lingkungan kerja di manapun kita berada, tidak terlepas dari itu keberhasilan budaya K3 harus mendapat dukungan yang dari berbagai kalangan termasuk PNS, para siswa, dan media massa untuk mensosialisasikan Bulan K3 ini,” katanya.
Sebelumnya telah dilaksanakan upacara untuk memperingati BK3N 2013 di halaman Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung. Para peserta terdiri dari gabungan antara PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong dan seluruh jajaran karyawan perusahaan yang ada di daerah ini seperti PT Adaro Indonesia, PT Pamapersada Nusantara, PT SIS, PT Bumi Makmur Mandiri Utama, PT RA, PT Pertamina, PT SDP, PT ATA, PT Astra Agro Lestari PT WIKA, dan sejumlah perusahaan besar lainnya. Metro7/NN