TANJUNG, metro7.co.id – Dalam rangka silaturahmi dan memajukan ketahanan pangan sekaligus meningkatkan pelayanan permodalan bagi petani, Bank Kalsel menggelar acara Gathering bersama petani dan stakeholder, bertempat di desa Nalui Kecamatan Jaro, Kamis, (8/10).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bank milik pemerintah propinsi, Kabupaten dan Kota ini dibuka oleh Bupati Tabalong dengan ditandai pemukulan Gong sebagai tanda kegiatan dimulai.

Hadir dalam acara yang sekaligus disisipkan pemberian bantuan berupa pupuk dan bibit dari Bank Kalsel ini dihadiri oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Ketua DPRD Tabalong, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, pejabat teras Pemerintah Kabupaten, Camat Jaro, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Nalui dan masyarakat petani Desa Nalui.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin menyampaikan bahwa peran bank Kalsel selama ini turut mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dalam rangka pemberdayaan petani dan ketahanan pangan petani melalui bantuan serta kredit lunak kepada petani.

” Tentu saja dalam hal ini, kami berupaya memberikan apa yang kami bisa secara maksimal agar peran kami bisa turut mendorong pemberdayaan ekonomi dengan tujuan memajukan petani dan tentunya juga kemajuan Bank Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, sebelum membuka acara kegiatan gathering, Bupati H Anang Syakhfiani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Kalsel yang telah membantu petani dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi untuk masyarakat khususnya petani.

“Saat ini kami sampaikan informasi terbaru bahwa Tabalong merupakan daerah lumbung pangan di propinsi Kalimantan Selatan, karena kita mengalami surplus beras sebanyak 40 ribu ton setiap tahunnya, tentunya ini juga tak lepas dari peran Bank Kalsel dalam fungsinya turut mendorong petani dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ucap Anang.

Selain itu, lanjut Anang, pihaknya sebagai masyarakat umumnya dan petani khususnya, mari perbanyak menabung di Bank Kalsel karena dengan banyak menabung, Bank Kalsel akan makin besar memiliki dana hingga bisa memberdayakan masyarakat dan atau petani melalui program – program instrumen Bank, seperti kredit permodalan dengan bunga lunak dan instrumen lainya.

Selain itu, Anang juga menyambut gembira dengan Launching Desa Nalui Kecamatan Jaro sebagai Pilot Project Desa Pelaksana Peningkatan Kualitas Keluarga Mewakili Kabupaten Tabalong ke Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020.

“Saya bangga dengan Desa Nalui, pesan saya maksimal memanfaatkan kesempatan berkompetisi ditingkat propinsi, semoga menang,” pungkasnya. ***