TANJUNG, metro7.co.id – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengukuhkan pengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tabalong, Kecamatan Muara Uya, Haruai, Upau, Tanta, Murung Pudak priode 2021-2023 pada, Rabu, (9/6) di Pendopo Bersinar.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tabalong menyampaikan, terbentuknya FKUB lima Kecamatan merupakan wujud kesadaran yang luar biasa.

“Tokoh agama di lima Kecamatan tersebut sudah yakin, bahkan merasakan kerukunan umat beragama merupakan kebutuhan bersama,” katanya.

Keberagaman agama menjadi kekuatan utama Tabalong untuk memajukan daerah. Sedangkan didaerah lain kesulitan dalam menyatukan ragam agama tersebut.

“Salahsatu lembaga yang sangat menunjang keberhasilan dan mewujudkan kerukunan ini adalah FKUB Kabupaten Tabalong,” ucapnya.

Bupati Anang mengatakan, kerukunan Tabalong yang bagus menghadapi tantangan yang besar, dikarenakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kabupaten Penajaban Paser Utara akan terlaksana.

“Karena Kabupaten Tabalong akan berhadapan langsung dengan Ibu kota negara baru, sehingga kerukunan kebergamaan akan teruji,” ucap Anang.

Anang Syakhfiani mengatakan, terbentuknya lima FKUB Kecamatan tersebut akan memperkuat FKUB Kabupaten dalam rangka terus menerus mewujudkan kerukunan ditengah beragaman.

“Dapat disimpulkan bahwa komulatif kerukunan di lima kecamatan ini merupakan kerukunan terbaik di Kabupaten Tabalong,” tuturnya.

Lanjutnya, Bupati akan memperjuangkan berikan operasional untuk lima FKUB Kecamatan pada APBD 2020 melalui operasional Kecamatan.

Bupati minta bantuan dengan FKUB Kabupaten dan Kecamatan, terkait bagaimana agar umat beragama terus menerus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Saya minta juga kepada tokoh agama,
dijadikannya salah salah satu bagian materi khutbah jumat, kemudian acara kebaktian gereja, kuil dan pura,” pintanya.

Bupati menegaskan, kegiatan penerapan peotokol kesehatan harus selalu dilakukan meskipun terjadi penurunan kasus Covid-19.

“Penanganan tidak boleh kendor, jika kita kendor virusnya akan bertambah,” pungkasnya.*