TANJUNG, metro7.co.id – Resmi letakan batu pertama untuk pembangunan embung di Desa Nalui Kecamatan Jaro, Bupati Kabupaten Tabalong, Anang Syakhfiani pinta pembangunannya bisa rampung di Bulan November 2023.

Perihal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Tabalong saat menghadiri kegiatan Ground Breaking untuk pembangunan embung. Bertempat di wisata Batu Timbul Desa Nalui, pada Rabu (31/5/2023).

“Kita ingin agar kegiatan (pembangunan) ini bisa selesai Bulan November,” ujar Bupati.

“Kami berharap masyarakat Jaro dan sekitarnya memberikan dukungan agar pembangunan ini bisa kita resmikan nanti pada hari jadi Tabalong ke-58,” lanjut Bupati.

Dalam kesempatan itu Anang menjelaskan bahwa jika nanti pembangunan embung di Jaro ini sudah selesai maka ada ribuan hektare persawahan akan mendapatkan dampak positifnya.

“Sekitar 1.016 hektare sawah bisa di aliri,” jelas Anang.

Tidak hanya sampai disitu, Anang juga menerangkan ada sekitar 2.500 kepala keluarga yang akan mendapatkan manfaatnya dari pembuatan embung ini.

“Lebih dari 2.500 kepala keluarga itu bisa mendapatkan pelayanan air bersih,” terang Anang.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Putu Eddy Purna Wiajaya menuturkan bahwa tujuan pembangunana ini untuk mengairi daerah irigasi seluas 1.016 hektare dan menanampung air baku sebesar 346.000 meter perkubik.

“Ini bisa menyediakan air sampai 60 litar perdetik,” tutur Putu. ***