BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) mendukung Sosialisasi Inovasi Pendamping Asi Eksklusif (SAHABAT ASI) yang digelar TP PKK HST.

Hal tersebut dalam rangka menurunkan angka stunting di HST, dibuka langsubg oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, di Pendopo HST, Rabu (3/5).

Salah satu penyebab stunting adalah adanya kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi terutama diawal masa pertumbuhan seorang anak.

Bupati Aulia menyampaikan, angka stunting di HST masih ada, ia mengapresiasi langkah yang diambil oleh PKK untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan dilaksanakan Sosialisasi Inovasi Pendamping Asi Eksklusif (SAHABAT ASI).

“Kader PKK berperan sebagai pemerhati, pendamping, serta pemberi motivasi bagi ibu hamil dan pasca bersalin untuk memberikan ASI selama 6 bulan (Asi Eksklusif) dan tetap menyusuinya selama 2 tahun,” ungkapnya.

Ia berharap, para anggota PKK yang hadir dapat lebih menyadari pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi dan pentingnya pendampingan ASI Eksklusif bagi para ibu menyusui.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat para ibu dalam mengasuh anak-anaknya untuk menciptakan generasi penerus yang gemilang melalui pencegahan dan penurunan stunting di Kab HST,” bebernya.

Sementara, Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi menambahkan, setelah 6 bulan, ASI tidak dapat mencukupi kebutuhan mineral seperti zat besi dan seng, sehingga untuk memenuhinya harus diberikan MP ASI (Makanan Pendamping ASI)yang kaya zat besi.

Cheri mengungkapkan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan, anak dengan stunting tidak berkembang secara fisik tetapi juga otaknya.

“Salah satu cara penanganan stunting adalah melalui pemberian ASI Eksklusif kepada bayi baru lahir,” katanya.

Dengan kegiatan Sosialisasi SAHABAT ASI Cheri berharap kita bersama bisa menekan jumlah ibu gagal ASI Eksklusif dan menurunkan jumlah anak stunting di Kab HST.

Acara dirangkai dengan pengumuman dan penyerahan piagam serta hadiah pemenang lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten HST tahun 2023 yang proses penilaiannya sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.