Bupati Hulu Sungai Tengah H Harun Nurasid berkesempatan untuk membuka secara langsung Training Motivasi Spirit Funtastic Of Ujian Nasional yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten HST bekerjasama dengan Murakata  Emotional Training Center (METC) di Gedung Sasana Krida dan Olahraga Barabai. Kamis (2/4).
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi serta semangat para pelajar yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional dan dikemas lewat interaksi yang santai dan suasana yang gembira dan diikuti oleh .
“Pelaksanaan ujian untuk SMA MA dan SMK akan dilaksanakan 13 s.d 15 April 2015 untuk SMK ditambah 1 hari sampai 16 April , UN tahun ini hasilnya menjadi bahan pertimbangan untuk bahan pemetaan dan seleksi masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, ujian SMA akan diikuti 1238 siswa, Untuk Madrasah Aliyah diikuti oleh 854 siswa, dan untuk SMK akan diikuti 798 siswa, keseluruhan UN tahun ini akan diikuti 2890 siswa, dan ada satu sekolah yang direkomendasikan untuk menggunakan ujian sistem online Computer Base Test yaitu SMK Negeri 1 Barabai,” ujar Dia Udini, Kepala Dinas Pendidikan kabupaten HST.
Dengan mengambil tema Bersama Kita Bisa, Dia Udini mengungkapkan training motivasi yang dilaksanakan ada tiga bagian,  yaitu motivasi diri, motivasi  belajar
dan motivasi kesiapan UN juga akan diisi dengan senam otak serta ditambah dengan muhasabah.
Sementara itu Bupati HST H Harun Nurasid  dalam sambutannya mengingatkan kepada para siswa yang berhadir pada kegiatan training motivasi tersebut untuk terus mempersiapkan diri dengan sebaik baik nya dalam menghadapi UN yang sebentar lagi akan dilaksanakan.
“Tidak hanya persiapan melalui proses belajar saja, namun mental serta fisik juga harus disiapkan, kita mengharapkan hasil yang terbaik bagi anak – anak kita di HST yang akan melaksanakan UN semoga kelulusan UN di HST 100% kita capai, visi kedepan juga harus ditanamkan bagi anak-anak kita mengingat merekaadalah calon pemimpin masa depan yang akan membangun banua
menjadi lebih baik lagi ini juga menjadi salah satu motivasi untuk keberhasilan menghadapi UN” ujarnya yang diamini oleh para siswa.
Dalam kegiatan tersebut  turut berhadir  Kepala Kementerian Agama Kab HST H. M Yamani , Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai Deddy Setiawan, dan kepala sekolah tingkat SMA, MA dan SMK se-Kabupaten HST. AdvHumHST