BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi membuka secara resmi kursus tani program Upaya Khusus (Upsus) Petani Sejahtera, di Lapangan Futsal desa Birayang Surapati Kecamaan Batang Alai Selatan (BAS), Rabu (20/9).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aulia menyerahkan bantuan secara simbolis, domba sebanyak 6 ekor betina dan 1 ekor jantan, 1 paket bahan kandang, bibit tanaman cabai 1 bungkus, potray 11 buah mulsa 1 rol, serta pupuk NPK 10 kg, serta bibit jahe sebanyak 25 polybag.

Penyerahan didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Kab HST, turut berhadir unsur Forkopimda HST, Kepala BPS HST, Camat BAS, Camat BAT, Kepala Baznas HST dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Aulia mengatakan, kegiatan kursus Tani dapat menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dan kreativitas petani dan keluarganya.

“Jadikan bantuan yang kami serahkan adalah jalan untuk mengubah Nasib, ini adalah jalan yang diberikan oleh Allah SWT, jaga Amanah yang diberikan untuk mengubah Nasib yang lebih baik,” pinta Bupati.

Bupati mengungkapkan, ini adalah bentuk perhatian Pemerintah Daerah, ikhtiar dari Pemerintah Daerah untuk memperbaiki nasib, sehingga masyarakat bisa sejahtera, dengan izin Allah SWT.

“Syukuri hasil yang didapat nanti, gunakan sebagian untuk beternak atau bertanam kembali, kami berharap tiga bulan kedepan kita sudah bisa melihat hasilnya, jadikan ilmu ini bermanfaat sebarkan ilmu kepada masyarakat yang lain,” jelas Bupati.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pertanian, Budi Satrya Tanjung mengatakan, Kursus Tani Program Upaya khusus Petani Sejahtera, dilaksanakan dalam rangka mendukung program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Peserta kegiatan Kursus Tani Angkatan I berjumlah 140 orang berasal dari empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) 45 orang, Kecamatan Limpasu 33 orang, Kecamatan Batang Alai Utara (BAU) 32 orang dan Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) 30 orang,” tutupnya.