BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun 2024, di Lapangan Dwi Warna Barabai, Sabtu (17/8).

Tidak hanya itu, para kepala kantor instansi vertikal/pimpinan BUMN/BUMD, Baznas HST, perwakilan organisasi, dan siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan, serta tamu undangan lainnya.

Detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine selama 60 detik tepat pada pukul 10 pagi, disambut oleh seruan dari sirine mobil-mobil di sekitar Taman Dwi Warna Barabai.

Bertindak sebagai Komandan upacara, Ipda Sukma Yudhistira dari Polres HST, sementara pembaca teks proklamasi diisi oleh Wakil Ketua DPRD HST sementara, Tajudin dan H Syahruli selaku Pembaca UUD 1945.

Sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh 45 petugas Paskibraka HST dengan pembawa baki, Hadistira Zulayqa. Kemudian pengibar bendera dilaksanakan oleh Muhammad Asrarrudin, Muhammad Fajar dan Abdul Halim.

Tidak ada pidato khusus pada pelaksanaan upacara, hanya diisi dengan nyanyian lagu lagu perjuangan, yang dibawakan Paduan Suara Murakata Symphony Orchestra Balai Rakjat Creatif Hub, dan dimeriahkan oleh Marching Band SMAN 2 Barabai.

Peringatan HUT RI ke-79 di HST tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sebab susunan tempat upacara yang baru dengan wajah taman dwi warna yg baru.

Serta lebih meriah, karena untuk musik pengiring dibawakan secara langsung oleh orkestra yang dimainkan secara live oleh anak-anak berbakat HST.

Usai upacara, dilakukan pemberian ucapan terimakasih kepada Veteran, foto bersama dan prosesi penyerahan remisi tahanan. Rangkaian acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Pendopo HST.

Dalam ramah tamah, Bupati Aulia berpesan kepada seluruh ASN, TNI dan Polri, serta perangkat desa, agar menjadikan peringatan Kemerdekaan ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Ia juga mengingatkan seluruh warga HST akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah kemajuan pembangunan daerah.

“Peringatan HUT RI ini bukan sekedar seremonial, tetapi juga pengingat bagi kita semua untuk terus mengisi kemerdekaan dengan kerja keras dan inovasi demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Turut berhadir, Wakil Bupati HST, unsur Forkopimda HST, Ketua TP PKK HST, Ketua GOW HST, para Ketua Organisasi Wanita HST, Sekda HST, para Asisten Sekda HST, para Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD HST, Kemenag HST, Pengadilan Agama HST, Veteran, serta para Kades/Lurah se-HST.