BARABAI, metro7.co.id – Berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Bupati HST, H Aulia Oktafiandi secara resmi meluncurkan Aplikasi Ngaji Al (Artificial Intelligence).

Aplikasi ini dirancang untuk mendukung transformasi pembelajaran pendidikan TK/TP AI Qur’an berbasis digital, sekaligus memperkuat pendidikan muatan lokal dan karakter siswa di satuan pendidikan.

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan di Pendopo Bupati HST, Kamis (12/9), dihadiri sebanyak 300 orang perwakilan Ustaz/Ustazah BKPRMI se-Kabupaten HST.

Bupati Aulia menjelaskan, Aplikasi Ngaji Al dihadirkan sebagai respon atas kebutuhan pendidikan yang terus berkembang, terutama dalam memperkuat pendidikan agama dan nilai-nilai karakter yang menjadi pilar utama pembangunan generasi penerus.

“Aplikasi ini akan memfasilitasi proses belajar mengaji secara digital dengan pendekatan yang lebih modern dan ramah pengguna, baik untuk siswa maupun tenaga pengajar,” katanya.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mengungkapkan, melalui kolaborasi antara para pendidik dengan teknologi digital seperti Aplikasi Ngaji Al, mutu pendidikan dapat ditingkatkan secara signifikan, terutama dalam pengajaran nilai-nilai keagamaan dan pembentukan karakter anak.

“Dengan diluncurkannya Aplikasi Ngaji Al, Kabupaten HST diharapkan dapat menjadi salah satu daerah pionir dalam menerapkan pembelajaran agama berbasis digital, yang tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga membentuk karakter siswa yang kuat dan berbudi pekerti luhur,” tutupnya.

Turut berhadir, Co-founder Ngaji AI Prof Dr Sutarto Hadi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Perwakilan HSS, Ketua MUI Kecamatan se-HST, Camat se-HST, Ketua BKPRMI HST.