BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST menggelar penyerahan bantuan intervensi kemiskinan bidang perikanan (invasi ikan) sekaligus sekolah lapang perikanan tahun 2024.

Bantuan ditujukan untuk para pembudidaya ikan dari Kecamatan Barabai, Batu Benawa, Batang Alai Selatan, Batang Alai Timur, Limpasu, Batang Alai Utara, Pandawan, Labuan Amas Selatan, Labuan Amas Utara dan Haruyan, di Desa Banua Budi, Kecamatan Barabai, Rabu (11/9).

Pakan ikan, benih ikan dan kolam terpal diserahkan Bupati HST, H Aulia Oktafiandi secara simbolis.

Aulia berharap, para pembudidaya dapat lebih produktif dan efisien dalam usaha budidaya ikan, juga meningkatkan hasil panen serta pendapatan mereka.

“Hal ini merupakan dukungan nyata pemerintah dalam rangka mengintervensi kemiskinan ekstrem di bidang perikanan,” jelasnya.

Ia berpesan, untuk para pembudidaya agar bibit ikan dan pakan yang diberikan dapat digunakan secara optimal untuk meningkatkan hasil budidaya.

“Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat dan menjadi keberkahan bagi bapak, ibu dan keluarga,” ujarnya.

Sementara, Kepala DKPP HST, M Afni Hidayat menyebutkan, program ini dilakukan Pemerintah Daerah dari tahun 2023 ini merupakan upaya dalam memberikan alternatif tambahan penghasilan dan dilanjutkan di tahun 2024.

“Harapannya tahun depan program ini akan dilanjutkan lagi, tolong dimanfaatkan dan dirawat sebaik mungkin, diharapkan mampu meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten HST,” tutupnya.