BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi dan Wakilnya, H Masyah Sabri melaksanakan shalat Idul Adha bersama dengan Forkopimda, di Taman Dwi Warna Barabai, Senin (17/6).

Atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab HST, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi mengucapkan selamat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam di HST.

“Selamat hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 Hijriah, taqabbalallahu minna waminkum, semoga Allah menerima amal ibadah kita,” katanya.

Aulia menyebutkan, ibadah kurban mengandung dimensi persaudaraan dan kemanusiaan, semestinya selalu ada dan menjadi nilai utama dalam kehidupan, demi memperoleh keberkahan dan kebaikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

“Semoga kita mendapat taufiq dan hidayahnya, untuk bersyukur terhadap karunianya dan berbuat kebaikan dalam melaksanakan Hablumminallah dan Hablumminannas,” ucapnya.

Saat shalat Idul Adha, bertindak sebagai Khatib, KH Sulaiman yang merupakan Ketua MUI Kecamatan Batang Alai Utara dan Imam, Ustad Ubaidillah.

Khatib dalam khutbahnya yang berjudul ‘Dua Teladan Qurban Nabi Ibrahim AS’, dijelaskan peristiwa Nabi Ibrahim AS yang dijadikan model kurban dalam ajaran Nabi Muhammad SAW.

Sebab di dalamnya ada hikmah keteladanan yang sangat agung kepada Nabi Ibrahim AS, umat Islam dapat belajar bagaimana melakukan ibadah kurban yang baik dan benar.

Ajaran kurban menginspirasi setiap muslim untuk tidak hanya shaleh secara ritual, tetapi juga shaleh secara sosial. Menjaga kesimbangan hubungan Allah dan manusia, bahkan pada alam sekitarnya.

Jargon Islam agama, ramah bukan marah bisa terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Usai shalat, seluruh jajaran Bupati Aulia menggelar open house dengan mengundang seluruh warga Bumi Murakata, di Rumah Jabatan Bupati HST.

Turut berhadir, Alim Ulama, Ketua TP PKK HST, Ketua GOW HST, Sekretaris Daerah Kab HST, Ketua KNPI, para Kepala Perangkat Daerah berserta jajaran serta masyarakat sekitar.