BARABAI, metro7.co.id – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi mewisuda 280 Santri TK-TP Al Qur’an XXXVI se-Kecamatan Pandawan, di Mesjid Al Anwar Desa Kambat Utara, Kecamatan Pandawan, Senin (24/6).

Bupati Aulia mengapresiasi upaya yang dilakukan para pengajar dari BKPRMI yang mengajarkan Al-Quran sejak dini kepada anak-anak, sehingga mereka mampu untuk membaca Al Qur’an dengan baik.

Menurutnya, wisuda ini dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan dan menyemangati anak-anak, membuat mereka merasa bangga sudah bisa membaca Al Qur’an dan seterusnya nanti diharapkan bisa menghafalnya.

“Ini tentu akan menjadi dasar nilai spiritual, sehingga mereka akan mampu menghadapi dan menjalani terpaan kehidupan arus moderinisasi,” ucapnya.

Bupati Aulia menyebutkan, hal yang harus disadari adalah bahwa apa yang dilakukan oleh BKPRMI ini hanya merupakan langkah awal. Selanjutnya peran para orang tua sangat diperlukan untuk membimbing anak-anak dalam mempelajari Al Qur’an.

“Kepada para orang tua agar berupaya menjadi pendidik yang baik dan selalu mencermati hal-hal yang dapat merusak masa depan anak-anak kita, salah satu caranya adalah dengan memberikan contoh dan teladan melalui perilaku,” lanjutnya.

Ia berharap, kegiatan wisuda ini jangan dijadikan akhir dari proses pembelajaran Al-Qur’an, tetapi hendaknya terus memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak agar lebih memperdalam isi kandungan Al-Qur’an.

“Pesan kami kepada orang tua, dorong anak-anak, ingatkan mereka dukung mereka untuk ikut belajar Al Quran membaca dan menghafalnya,” pesannya.

Ia mengungkapkan, dari Pemerintah Daerah kami memberikan beasiswa, tahun ini Insya Allah target yang tercapai 3.000 anak SD, ada yang bisa menghafal Quran satu juz, dua, tiga, empat dan seterusnya.

“Semoga itu akan menjadi amal jariyah bekal kita di akhirat kita nanti, jadikan wisuda ini sebagai momentum awal pembentukan generasi Islami,” tutupnya.

Turut berhadir, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ketua BKPRMI HST, Kabag Kesra Setda HST, Ketua KBU se-HST, pengurus BKPRMI dan tamu undangan lainnya.