BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah H Abdul Latif mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten HST, bertempat di Kelurahan Birayang Surapati, kecamatan Batang Alai Selatan, Selasa (8/3).
 Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK HST Hj Ernawati A Chairansyah, perwakilan Dinkes Provinsi Kalsel Kepala Dinas Kesehatan HST Kusudiarto, Kepala Kemenag HST H M Yamani, para pengurus Organisasi Profesi Kesehatan se HST, para tenaga medis dan kesehatan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
 Dalam laporannya, Kadinkes HST Kusudiarto menyampaikan, Indonesia merupakan salah satu  dari 11 negara South East Asia Regional (SEAR) yang menerima sertifikat bebas polio dari WHO. Penerimaan sertifikat bebas polio menjadi bentuk komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan cakupan imunisasi polio termasuk pemberian imunisasi tambahan berupa PIN, proses perubahan vaksin IOPV menjadi bOPV dan penambahan IPV.
 “Adapun target bayi dan balita yang akan di vaksi sebanyak 23.450 orang dengan menyediakan 413 pos PIN yang tersebar di seluruh HST,” katanya.
 Pada kesempatan itu, bupati HST H Abdul Latif mengungkapkan, program imunisasi merupakan salah satu program kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan, utamanya dalam pengendalian penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.
 “Pelaksanaan imunisasi polio pada hari ini merupakan salah satu bentuk langkah antisipatif nasional untuk membentengi anak-anak kita sebagai generasi penerus agar terhindar dari penyakit tersebut,” tutur Latif.
 Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Murakata ini menambahkan, masyarakat yang sehat akan menjadikan mereka lebih aktif dalam beraktifitas. ”Seperti halnya anak-anak yang sehat, mereka akan lebih mudah mengenyam pendidikan, serta masyarakat yang sehat akan lebih semangat dalam bekerja,” ungkapnya.
 Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki anak usia 0 sampai 59 bulan, untuk datang ke pos pin terdekat guna mendapatkan imunisasi tetes polio karena dari  kelompok umur inilah yang paling rentan untuk tertular penyakit polio. “Untuk itu, mari lindungan anak-anak kita dari polio dan datangi pos pin terdekat pada tanggal 8 – 15 maret 2016,” imbaunya. .AdvHumHST