BATULICIN, metro7.co.id — Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar membuka secara resmi kegiatan pertemuan koordinasi Penguatan Pelayanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Usia Pendidikan Dasar Lintas Program dan Lintas Sektor.

Kegiatan ini digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Amiluddin, Kebag Kesra, Kementerian Agama, Kepala Sekolah SD – SMP/Sederajat, dan undangan lainnya, di Pendopo Serambi Madinah, belum lama ini.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar dalam sambutannya memberikan apresiasi dan selamat atas terlaksananya kegiatan ini karna akan sangat menambah manfaat.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain,” kalimat itulah yang selalu Abah Zairullah sampaikan untuk menjadikan masyarakat Bumi Bersujud agar selalu bermanfaat untuk orang lain.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dr. Muhammad Yandi Noorjaya mengatakan pemerintah bertanggung jawab, merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina dan mengawasi penyelenggaraan terkait kesehatan dan terjangkau oleh masyarakat.

Tanggung jawab pemerintah yang dimaksud khususnya pada pelayanan publik kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik, Posyandu, dan sebagainya.

Pemerintah juga, lanjut dr. Yandi, bertanggung jawab dengan fasilitas kesehatan, sumber daya, ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi kesehatan, serta mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk upaya kesehatan.

Dalam hal mewujudkan prinsip adil dan merata dibidang kesehatan, pemerintah perlu menguatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang wajib disediakan oleh pemerintah dan termasuk dalam penilaian kinerja daerah.

“Pada tahun 2023, SPM kita 93 persen, sedangkan pada tahun 2024, penilaian SPM 79 persen,” ungkap Muhammad Yandi Noorjaya.

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu perlu melakukan strategi khusus agar SPM dapat tercapai. ***