TANJUNG – Pemerintah kabupaten Tabalong akan terus berupaya untuk mewujudkan kota yang sejuk dan sehat serta ramah lingkungan, melalui gerakan bersih hijau dan tertib (Clean up) akan merambah ke seluruh kecamatan, kelurahan dan desa—desa, aksi kebersihan bahkan penanaman sejumlh pohon juga dilakukan warga beserta aparaat  keecamataan, kelurahan dan desa.
Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani telah mencanangkan kegiatan Clean up yang akan melibatkan ribuan warga untuk melaksanakan gerakan Tabalong bersih dan hijau pada Senin (10/10) ini dengan serentak di seluruh wilayah kecamatan.
Pada pelaksanaan aksi kebersihan juga dilakukan penanaman pohon di sejumlah lokaasi, target sasaran selain lingkungan perkantoran, sekolah-sekolah juga fasilitas umum lainnya seperti masjid, pasar, taman, rumah sakit, puskesmas akan menjadi sasaran kegiatan Clean up Tabalong 2016.
Menghadapi pelaksanaan Clean up serentak di semua kecamatan berdasarkan pemantauan wartawan Metro7 di lapangan sejumlah camat sedang sibuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan seperti halnya di kecamatan Banua Lawas pada saat awak Metro7 mengkonfirmasi rencana kegiatan yang akan dilakukan tanggal 10 Oktober 2016.
Camat Banua Lawas H.Zainuddin menjelaskan di ruang kerjanya Rabu (05/10) pihaknya telah mempersiapkan kegiatan gerakan Tabalong bersih dan hijau akan melibatkan masyarakat dan seluruh PNS, para kepala desa,  pihak sekolah dengan sasaran tempat-tempat ibadah, sekolah-sekolah, lokasi perkantoran.
Ia berharap dengan kegiatan gerakan Tabalong bersih dan hijau kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan pengelolaan lingkungan yang baik terus bida diwujudkan, dalam kegiatan aksi kebersihan juga dilakukan penguburan sampah di lobang-lobang, dan kedepan akan diupayakan pemanfaatan sampah yang bisa didaur ulang, oleh karenanya di lingkungan rumah-rumah warga diharapkan bisa membuat lobang untuk pengolahan sampah artinya sampah yang bisa di daur ulang bisa dikumpulkan untuk dijual, sedangkan sampah yang tidak bisa dimanfaatkan bisa dikubur.
 Saat ini lanjutnya di desa Bangkiling Raya sudah membuat tong-tong sampah di pinggiran jalan untuk menampung sampah-sampah warga, ia pun berharap nantinya akan ada bank sampah untuk pengelolaan sampah-sampah di kecamatan Banua Lawas.
Sementara itu dihari yang sama berdasarkan pemantauan awak Metro7, Camat Muara Harus Rahman Nuriadin juga sedang sibuk melakukan monitoring ke desa-desa melihat persiapan masing-masing desa di wilayahnya untuk menghadapi kegiatan Clean up tanggal 10 Oktober 2016. (metro7/vino)