KOTABARU, metro7.co.id – Kabupaten Kotabaru mendapat jatah kuota CPNS sebanyak 1.253 formasi yang diusulkan Pemkab Kotabaru disetujui BKN.

Proses pendafataran calon pegawai negeri sipil (CPNS)  tahun 2024 dibuka 20 Agustus hingga 6 September 2024, kemudian diperpanjang hingga 10 September 2024.

Total formasi terbagi dua yakni tenaga kesehatan dan teknis. Untuk tenaga kesehatan sejumlah 930 formasi, dan teknis 323 formasi.

“Sampai hari Jumat (6/9), total pelamar sebanyak 5.651, dan 2.621 submit atau mengunggah berkas pendaftarannya,” terang Kepala BKPSDM Kotabaru Mohamad Yusuf.

Untuk di Kotabaru sejuah ini kata Yusuf tidak ada kendali. Memang lanjutnya ada gaduh soal materai tapi sudah dikonfirmasi BKN penggunaan materai boleh konvensional.

Problem materai itu sehingga penutupan pendaftaran diundur ke tanggal 10 September. Pelamar kata dia didominasi dari Kalsel.

Yusuf menyebut formasi untuk Kotabaru ini terbesar se Kalsel. Yusuf menambahkan terkait problem pendaftar yang tidak bisa submit lebih kepada hal pribadi.

“Mungkin masih mikir mikir sehingga mendaftarnya tidak di awal awal padahal mungkin berkas sudah lengkap, akhirnya numpuk pelamar sehingga tidak submit, mungkin sistem lelet karena pengaruh jaringan juga,” ujarnya

Adapun untuk proses verifikasi yang awalnya sampai 13 September, karena ada perpanjangan jadi sampai tanggal 17.

“Saat verifikasi, apabila ada persyaratan pelamar yang kurang maka dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat),” tutupnya.