Aberani Aberar
Kepala Distanakan Tabalong
Tanjung — Pemerintah Kabupaten Tabalong menjamin kebutuhan daging selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1434 H akan tercukupi. Stok daging sapi pada bulan Juli 2013 mencapai 40 ton, sementara kebutuhan masyarakat diperkirakan hanya sekitar 36 ton.
Kepala Seksi Pengolahan, Pemasaran Hasil Peternakan dan Sumber Daya, pada Dinas Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong, Siti Nana Agustina, mengatakan selama bulan Ramadan sampai Hari Lebaran ketersediaan daging sapi masih mencukupi. “Jadi kita tidak perlu untuk mendatangkan daging dari luar Tabalong,” jelasnya, baru-baru tadi.
Dikatakannya, harga daging sapi di tingkat konsumen selama Ramadan meningkat dari Rp 95 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram.
Sementara ketersediaan daging ayam selama Ramadan justru belum mencukupi sehingga perlu mendatangkan pasokan dari luar daerah. Ketersediaan daging ayam pada bulan Juli 2013 ini sebanyak 14,25 ton. Jumlah itu tidak sebanding dengan tingkat kebutuhan yang mencapai 25 ton, termasuk kebutuhan pada bulan Agustus nanti meningkat menjadi 28 ton. “Sementara tingkat ketersediaan daging ayam hanya 20 ton,” ujarnya. Metro7/Via