Barabai — Peringatan milad atau ulang tahun Muhammadiyah ke-104 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berlangsung meriah. Ratusan anggota organisasi dakwah ini berkumpul di obyek wisata alam Baruh Bunga Desa Haliau, baru-baru tadi.
 “Milad Muhammadiyah ini salah satu cara yang positif untuk membangun sebuah interaksi antar sesama. Dan Muhammadiyah selalu berkomitmen untuk selalu membangu  ukhuwah Islamiyah,” kata H Ahmad Khairudin, Ketua PW Muhammadiyah Kalsel.
Dikatakannya keselarasan ajaran Islam melalui gerakan Muhammadiyah diharapkan lebih mampu meningkatkan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi antar sesama umat.
Sementara itu Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan M Yusuf yang membacakan sambutan Bupati HST H Harun Nurasid mengungkapkan semangat persaudaraan sebagai bangsa dengan berbagai macam budaya dan keyakinan harus tetap dijaga dengan landasan keikhlasan. “Selain itu sinergitas dengan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat HST yang maju, mandiri dan istiqamah diharapkan selalu terwujud sehingga pembangunan di setiap lini dapat tercapai,” ujarnya.
Wakil Ketua PP Muhammadiyah, Dahlan Rais, mengatakan nilai keikhlasan merupakan salah satu faktor kenapa Muhammadiyah dapat bertahan di tengah-tengah masyarakat selama ini. “Meninggikan kemurnian Islam dengan sistem pendekatan atau dakwah umat, interaksi berbasis ukhuwah Islamiya itulah yang dianut  Muhamadiyah, Kami mengharapkan agar generasi muda kita memiliki kualitas, tidak hanya kualitas pengetahuan dunia saja tapi juga mencakup akhirat sehingga tercipta SDM yang maju dan berkhlak baik,” ujar adik kandung mantan Ketua MPR RI Amin Rais ini.
Dahlan Rais didaulat untuk meresmikan Panti Asuhan Muhamadiyah Barabai dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu ‘Aisyiyah. AdvHumHST