KOTABARU, metro7.co.id – Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif mengukuhkan Dandim 1004/ Kotabaru, Letkol Inf Boni Berdian Philiang sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Kamis (29/09/2022).

Dengan dilantiknya Bapak Asuh Stunting Kotabaru merupakan suatu langkah yang positif untuk menambah kekuatan dalam percepatan penanganan kasus stunting di Kotabaru.

Sebagaimana kita ketahui kata Andi Rudi program Bapak Asuh Anak Stunting digagas untuk melibatkan seluruh pihak di Kotabaru baik stakeholder maupun masyarakat untuk mau berkontribusi menangani stunting.

Melaksanakan penuntasan kasus stunting lanjut dia bukan hal yang mudah tapi perlu konsentrasi dan keseriusan bersama yang tentunya juga membutuhkan support dan kolaborasi dari semua pihak.

Masalah stunting menurut Dandim Boni Berdian merupakan masalah bersama yang harus segera diselesaikan.

Hal tersebut perlu dilakukan demi terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dimasa depan sebagai generasi penerus bangsa.

“Anak stunting biasanya memiliki perawakan yang pendek atau lebih dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Hampir 50% kasus stunting tercipta dari kehamilan,” kata dia

Selain itu kata dia perbaikan status kesehatan dan gizi ibu hamil dan pra hamil merupakan strategis untuk meningkatkan kualitas SDM tiga generasi ke depan karena kedaruratan dampak stunting terhadap kualitas SDM Indonesia.

“Gelar Bapak Asuh Anak Stunting yang dikukuhkan kepada saya tentu memiliki tanggung jawab yang berat. Namun saya optimis kolaborasi TNI dengan elemen masyarakat lain akan sangat berperan dalam menekan pertumbuhan jumlah anak stunting, terutama di wilayah Kabupaten Kotabaru,” ucapnya. ***