BARABAI, metro7.co.id – Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HST akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, di depan kantor Dinas Pedagangan (Disdag) setempat, Rabu (12/6) sore.

Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang mengatakan, warga Bumi Murakata punya daya saing, tak hanya di tingkat daerah, tapi juga bisa bersaing di kancah provinsi maupun nasional.

“Sebab kita sudah beberapa kali mengikuti pameran-pameran, ternyata produk-produk HST banyak diminati,” ujarnya.

Ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati HST yang selalu mendukung Dekranasda hingga memiliki galeri.

“Akhirnya diresmikan, galeri ini akan kita banggakan pada kabupaten lain. Kalau nanti ada tamu atau kunjungan. Selain ke tempat wisata, bisa ke galeri Dekranasda,” katanya.

Cheri berpesan, agar galeri harus dirawat dengan baik, jangan hanya sekadar berkunjung, lalu foto. Tapi juga beli.

“Berkat dukungan Bupati ini, semoga bertambah pula dorongan roda ekonomi. Melalui para pengrajin, mudah-mudahan perekonomian di HST semakin maju dan berkembang,” ungkapnya.

Sementara, usai meresmikan, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menyampaikan, Pemerintah berusaha menggerakkan ekonomi, hampir 50 persen, usaha yang ada di HST rata-rata masuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Untuk meningkatkan nilainya itu, dibutuhkan kreatifitas dan inovasi, sehingga bisa memberikan nilai tambah dan bisa laku terjual,” jelasnya.

Galeri Dekranasda ini, beber Aulia, menjadi sebuah ruang untuk belanja, meskipun terkesan sederhana, namun jangan pandang megahnya sebuah gedung, tapi mari lihat fungsinya.

“Kami ngajak, kalau ada tamu ke HST, bawa belanja ke sini. Jangan pelit, mari kita beli hasil produksi pengrajin kita,” ajaknya.

Bupati berharap, galeri yang baru saja selesai ini bisa menjadi sebuah tempat para pengrajin, agar bisa menampilkan dan menawarkan hasil kerajinan yang ada di HST.

“Pada hakikatnya bisa menggerakkan perekonomian kita, semoga nanti jualannya tambah banyak, tempatnya semakin luas, tentu juga akan banyak yang mau belanja di sini,”