TANJUNG, metro7.co.id – Sejumlah masyarakat di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong mendapatkan operasi buta katarak secara gratis.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, membuka kegiatan operasi buta katarak ini, di Puskesmas Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Senin (21/10).

Operasi buta katarak gratis ini dilakukan melalui program CSR PT Adaro Indonesia dan mitra kerja pada bidang kesehatan.

Kepala Puskemas Tanta, dr In Yatun Nisa, mengatakan, operasi mata katarak ini dilakukan di seluruh Puskemas yang ada di Tabalong, dengan hari yang berbeda-beda.

“Operasi katarak ini digelar dari 21 sampai 27 Oktober di beberapa puskesmas yang ada di Tabalong,” ungkapnya sekaligus Ketua Panitia.

Ia menyebut, target sasaran pasien untuk operasi katarak ini, di antaranya anak usia sekolah tingkat SD, SMP dan SMA dengan kelainan refraksi yang tidak mempunyai fasilitas BPJS.

Kemudian, masyarakat produktif yang kurang mampu yang mempunyai masalah dengan gangguan penglihatan yang memerlukan kacamata. Selanjutnya, penduduk usia produktif dengan kelainan refraksi yang tidak mempunyai fasilitas BPJS.

Sementara, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, menyampaikan, operasi katarak gratis ini merupakan wujud kebersamaan perusahaan yang ada di daerah untuk masyarakat yang dikemas melalui program CSR bidang kesehatan.

“Itikad baik ini mari kita sambut dengan baik, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaan perusahaan yang beroperasional di daerah yang kita cintai ini,” ujarnya.

Menurutnya, operasi katarak ini adalah bentuk perhatian yang sangat berarti bagi masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan mata.
Lanjut Hamida, Pemerintah Kabupaten Tabalong berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang berorientasi pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kerja sama ini adalah bukti nyata sinergi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Tabalong yang lebih sehat dan sejahtera,” ungkapnya.

Selain perusahaan, Hamida juga turut mengapresiasi kepada tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelaksanaan operasi katarak ini.

Diharapkan Hamida, dengan adanya program ini masyarakat Tabalong yang terkena masalah penglihatan seperti katarak ini dapat disembuhkan, sehingga nanti dapat kembali beraktivitas dengan penglihatan yang lebih baik.

“Kita berharap agar masyarakat yang sebelumnya terkendala dalam aktivitas keseharian karena katarak dapat kembali produktif dan menjalani hidup dengan lebih baik,” harapnya.

Diketahui, selain operasi katarak pihak perusahaan juga memberikan bantuan berupa kacamata refraksi kepada masyarakat. ***