BATULICIN, metro7.co.id — Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu membagikan pengetahuan tentang Pembekalan Satpol PP Bina Desa (Polbindes), di ruang bersujud kantor bupati setempat, belum lama ini.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanah Bumbu Abah dr. H. M. Zairullah Azhar yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Mariani sekaligus sebagai narasumber.

Kepala Satuan Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Anwar Salujang melalui Sekretarisnya Arif Rahman Hakim, saat dikonfirmasi, Minggu (11/6/2023) mengatakan materi yang disampaikan diantaranya tugas Polbindes, Pendidikan Pancasila, dan Bela Negara.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan anggota Polbindes Kecamatan Simpang Empat sebanyak 14 orang, dan dari Polbindes Kecamatan Kusan Hilir berjumlah 11 orang.

Adapun Tugas Polbindes diantaranya melaksanakan pembinaan pengawasan dan penyuluhan Perda atau Perkada, melaksanakan deteksi dan cegah dini , melaksanakan patroli wilayah, melaksanakan pembinaan Linmas, serta melaksanakan tugas administratif dan tugas lain yang diberikan atasan.

Sementara itu, pola kerja Polbindes yakni jika on Kantor berarti off Desa, sedangkan jika on Desa artinya off Kantor, dimana dalam satu personil membina dua hingga tiga desa, dan setiap kecamatan diharuskan ada koordinator.

Pelaksanaan tugas Polbindes ini diharapkan dapat berjalan baik dengan adanya kerjasama, koordinasi dengan Kecamatan, Polsek, Koramil dan Desa atau Kelurahan. ***