TANJUNG, metro7.co.id – Para kepala sekolah dan guru jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tabalong, mengharapkan adanya layanan Internet Gratis yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika untuk sekolah mereka.

Tujuannya untuk dapat semakin menunjang kegiatan pendidikan yang notabene telah berbasiskan elektronik (digital) saat ini, seperti penggunaan aplikasi-aplikasi dalam tugas keseharian, tuntutan literasi digital dan lain sebagainya.

Hal itu mengemuka saat tanya jawab antara Kepsek dan guru dengan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong, Ir HM Noor Rifani SH ST MT pada kegiatan Sosialisasi Transformasi Digital Dalam Pendidikan Jenjang SD Tahun 2024 di Gedung Islamic Center, Kamis 8 Agustus 2024.

“Kami berharap Pemerintah Daerah melalui Diskominfo kedepan juga memperhatikan SD agar mendapat layanan internet gratis seperti SMA di daerah ini,” kata Susanti, Kepala SDN Jaing Hilir.

Susanti berpendapat, dukungan internet gratis pada gilirannya membantu para guru untuk meningkatkan kemampuannya. Selain di sekitar SD-nya bertugas, terasakan masih kurang kuatnya sinyal seluler.

Ia juga mengutarakan bahwasanya dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Bahkan dikatakannya hal yang sangat mendasar untuk semakin memajukan pendidikan di daerah ini.

Senada diutarakan Majid, Guru SDN Tamiyang. Ia berharap mendapatkan fasilitas WIFI gratis, juga sinyal seluler dari banyak provider –tidak hanya Telkomsel seperti yang ada saat ini.

Menanggapi harapan dari para Kepsek dan guru SD tersebut, Kadis Kominfo yang disapa akrab Haji Fani ini, menyatakan akan terus berupaya memfasilitasi penyediaan internet gratis di lingkungan sekolah-sekolah.

“Kita akan terus berupaya agar semua sekolah bisa terlayani internet gratis. Mudah-mudahan nantinya tidak saja SMA, namun semua SD sampai dengan SMP akan mendapatkan Free WIFI,” kata Haji Fani.

Kadis Kominfo mengatakan, kebutuhan internet sudah menjadi bagian sehari-hari masyarakat. Bahkan hampir semua orang telah memiliki smartphone, sehingga penting artinya dilalukan penguatan jangkauan jaringan internet. Terlebih berkaitan dengan posisi strategis Kabupaten Tabalong sebagai penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sedangkan mengenai laporan, masih adanya sinyal seluler yang lemah di beberapa titik tertentu, Haji Fani menjawab, akan terus memonitor dan berupaya untuk mengatasinya.

Kegiatan Sosialisasi Transformasi Digital Dalam Pendidikan Jenjang SD Tahun 2024 dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Toni Marwan dan diikuti sedikitnya 200 peserta dari kalangan Kepsek-guru SD di Kabupaten Tabalong. ***