BATULICIN, metro7.co.id — Dalam rangka membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggandeng PT. Cipta Kridatama (PT. CK) Site BIB, pada kegiatan FGO (Fresh Graduate Operator) CK BIB, di kantor Disnakertrans setempat, Senin (27/5/2024).

Dengan tema PT. CK dan PT. BIB bersama membangun kemandirian yang berkelanjutan untuk Masyarakat Lokal.

Kepala Disnakertrans Tanah Bumbu Kadri Mandar melalui Pengantar Kerja Ahli Muda Winarti mengatakan kegiatan FGO ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja dengan mengutamakan tenaga kerja lokal di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami berkolaborasi membangun kerjasama dengan PT. CK dan PT. BIB, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Tanah Bumbu,” kata Winarti.

Saat ini, lanjut Winarti, pihaknya sedang melaksanakan seleksi kandidat peserta FGO yang dilaksanakan dari tanggal 27 – 28 Mei 2024.

Sementara itu, Specialis External dan Internal PT. Cipta Kridatama Site BIB Jarwadi didampingi Departement Head Mining Akademi Pajriansyah mengatakan saat ini pihaknya telah menggelar FGO angkatan ke 12 di tahun 2024.

“Diangkatan ke 12 ini kita akan terima sebanyak 50 peserta yang dinyatakan lulus, dan selanjutnya akan mengikuti pendidikan selama enam bulan,” kata Jarwadi.

Peserta akan dilatih sebagai operator atau mengoperasikan alat berat seperti HD, exapator, dan dozer. Dan ditempatkan bekerja di wilayah Tanah Bumbu PT. CK Site BIB.

“Peserta dilatih dari non skill atau dari nol sampai bisa, dengan biaya yang cukup besar sekitar Rp3,5 Milyar,” ungkapnya.

Tahapan non skill ini, lanjutnya, peserta di bekali pendidikan bela negara, pemahaman tentang Pancasila, hukum, pundamental, teori, dan pelatihan dasar.

“Sampai kurang lebih 250 jam, sekitar durasi waktu selama enam bulan, baru bisa betul-betul dinyatakan Operator,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui kegiatan FGO ini Kabupaten Tanah Bumbu memiliki putra-putra daerah yang dapat bersaing dengan daerah-daerah lain di seluruh Indonesia dan bisa mempunyai SDM yang bertaraf Nasional.

“Putra daerah kita mempuyai skill yang mumpuni, dan punya nilai harga jual yang tinggi,” tutupnya.

Selain itu Departement Head Mining Akademi Pajriansyah menambahkan beberapa keuntungan pekerja lokal atau putra daerah, diantaranya terjaminnya kondusifitas perusahaan, pundamental sesuai harapan, dan memiliki semangat dan integritas yang tinggi.

PT. Cipta Kridatama (PT. CK) merupakan salah satu anak perusahaan dari Tiara Marga Trakindo Utama Group yang bergerak dibidang pertambangan. PT. CK berdiri pada tahun 1997 dan memiliki beberapa site yang tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. *