AMUNTAI, metro7.co.id – Aksi bersih-bersih digelar di Jalan Bypass Bayur-Panangkalaan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Jum’at (31/5/2024).

Bersih-bersih itu diselenggarakan Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) HSU dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2024.

Kepala Disperkim-LH HSU H Hermani Johan mengatakan, pada kegiatan ini pihaknya melibatkan para generasi yang peduli terhadap lingkungan maupun pemerintah desa terakait, seperti Pemerintah Desa Bayur, Pamintangan dan Panangkalaan.

Pada aksi kali ini Jalan Bypaas Bayur-Panangkaalan menjadi pilihan, karena jalan ini viral dan diketahui banyak masyarakat.

Dia meminta kepada masyarakat mau pun pedagang yang berjualan untuk bersama-sama menjaga kebersihan jalan ini.

“Kebersihannya perlu kita jaga, karena ini bisa disebut ikon, dan mungkin nanti bisa dikembangkan menjadi tempat pariwisata,” ujarnya.

Namun Hermani tidak memungkiri, masih ada kendala terkait menjaga kebersihan ditempat ini, seperti masih kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan tempat ini dan minimnya ketersedian tempat pembuangan sampah.

“Tadi kita sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Bayur, Insya Allah diperubahan nanti melalui anggaran desa akan melakukan pengadaan tempat pembuangan sampah dilokasi ini,” pungkasnya. ***