TANJUNG, metro7.co.id – Ayo arsipkan berkas penting anda dan keluarga ke Depo Arsip Tabalong milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tabalong sekarang juga.

Alamatnya ada di Jalan Stadion Bersinar Pembataan, di kantor Dispersip Tabalong, samping kampus STIA Tabalong.

Berkas penting berupa akta kelahiran, kartu keluarga hingga arsip penting lainnya bisa disimpan di sana, agar aman dari kerusakan saat terjadi bencana, dimakan rayap maupun usia.

Kepala Bidang Kearsiapan, Rahmah Norita mengatakan, ketika terjadi kebakaran dan kebanjiran berkas-berkas penting atau arsip keluarga itu tidak terselamatkan.

Belum lagi masalah penyimpanan arsip yang terkesan sembarang, menyebabkan berkas cepat termakan rayap dan usia.

“Jika sudah demikian, maka dipastikan akan terjadi kerepotan saat membutuhkannya. Supaya tidak terjadi hal tersebut, silahkan simpan arsip keluarga di depo arsip Tabalong,” ujarnya.

Caranya mudah saja, bawa arsip asli anda ke depo untuk dilakukan registrasi dan pengajuan penyimpanan. “Jika dibutuhkan bisa diambil kembali,” bebernya.

Tapi, sebaiknya pengambilan hanya untuk proses pengganda saja. Sehingga arsip asli tetap dapat tersimpan rapi.

Ia memberitahukan, program satu ini merupakan inovasi yang baru berjalan satu sejak awal Januari 2024 lalu. “Namanya, Ayo Siaga atau ayo selamatkan arsip keluarga,” jelasnya.

Sampai saat ini, terhitung hingga akhir Juli 2024 sudah ada sebanyak 237 orang warga yang memanfaatkannya.

Dengan begitu, sudah bisa dipastikan arsip mereka aman. “Tentunya, kami akan menjaganya sebaik-baiknya,” tutup.