Tanjung — Kelompok Tani Ternak Itik “Bersama” Desa Hariang Kecamatan Banua Lawas dan Kelompok Tani Ternak Sapi “Suka Mara” Desa Desa Nalui Kecamatan Jaro berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan. Keduanya sama-sama meraih juara II pada Lomba Kelompok Ternak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013.
Keberhasilan kedua kelompok ternak meraih juara II itu disampaikan oleh Siti Nana Agustina, Kepala Seksi Pengolahan Pemasaran Hasil Peternakan dan Sumber Daya pada Dinas Tanaman Pangan Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kabupaten Tabalong, baru-baru tadi.
“Kita sangat bangga dengan keberhasilan dua kelompok peternak ini berhasil sebagai pemenang lomba, walaupun juara II dan keberhasilan mereka tentu tidak terlepas dari peran petugas teknis Distanakan di lapangan dalam  memberikan berbagai penyuluhan bagaimana mengelola usaha di bidang peternakan yang baik,” kata Siti Nana Agustina.
Disamping itu ia berharap perlunya dukungan dari pemerintah daerah dan pihak perbankan dalam membantu permodalan untuk usaha kelompok tani di bidang peternakan. Mengingat selama ini keterbatasan permodalan menyebabkan usaha di bidang peternakan bagi kelompok-kelompok tani hanya sebagai usaha sampingan saja.
“Padahal di Tabalong lahan untuk menggeluti usaha peternakan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai usaha yang bisa mensejahterakan masyarakat kelompok ternak, serta mendukung program pemerintah dalam swasembada daging,” jelasnya. (Metro7/Via)