TANJUNG, metro7.co.id – Dua rumah warga di Desa Lumbang Rt 9, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan ludes dilahap api, Kamis (19/9) siang.

Kapolres Tabalong, AKBP Wahyu Ismoyo melalui PS Kasi Humas IPTU Joko Sutrisno membenarkan kebakaran tersebut dan telah menghanguskan 2 buah rumah milik Kasrah (66) dan Nawiah (49) di Desa Lumbang Rt 9.

Joko menerangkan, menurut saksi Hatnah yang kebetulan sedang lewat didepan rumah Nawiah, ia melihat api dibagian dapur dan telah melahap dinding rumah hingga api membesar.

Melihat kondisi tersebut, warga mencoba memadamkan api, sembari menghubungi pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

Api dapat dipadamkan dengan bantuan warga sekitar dan unit pemadam serta UPBS wilayah Utara Tabalong.

Namun, rumah berbahan kayu itu mudah dibakar api, sehingga tidak dapat terselamatkan.

Dugaan sementara, ungkap Joko api berasal dari tungku berbahan bakar kayu yang masih menyala didapur dan ditinggal pemilik nya, api kemudian menjalar ke dinding berbahan kayu dan menghanguskan 100 persen rumah.

“Kedua pemilik rumah saat itu sedang tidak berada di rumahnya karena mengikuti kegiatan keagamaan di Desa Teratau, Kecamatan Jaro, Jabupaten TabalongTabalong,” ungkap Joko.

Ditambahkannya, dalam peristiwa tersebut tidak ada merenggut korban jiwa, sedangkan kerugian material diperkirakan sekitar Rp400 juta.