BANJARBARU, metro7.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berikan pemahaman kepada masyarakat Kalsel untuk mengenali iklim melalui Sekolah Lapangan Iklim (SLI) yang dilakukan kerja sama dengan Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Kalsel, Goeroeh Tjiptanto menjelaskan, pelaksanaan SLI ini untuk memberikan pembelajaran tematik atas pentingnya informasi BMKG kepada 50 peserta yang terdiri dari perwakilan media, instansi terkait, lembaga masyarakat hingga akademisi, yang akan diselenggarakan di aula Diskominfo Kalsel di Banjarbaru, Selasa (8/10).

“SLI ini memberikan informasi lebih luas guna meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Informasi BMKG, termasuk sektor layanannya di bidang transportasi, sumber daya air, penanggulangan bencana, kelautan dan perikanan serta juga pertanian dan perkebunan,” sebut Goeroeh, Senin (7/10).

Menurutnya, berdasarkan UU Nomor 31 tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BMKG sebagai institusi pemerintah yang melaksanakan penyelenggaraan terkait Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika wajib memberikan informasi publik.

Salah satu upaya penyebarluasan diseminasi informasi BMKG di Kalsel, Stasiun Klimatologi Kelas I Kalsel menjalin kerjasama dengan berbagai instansi yang memiliki tupoksi dalam penyebaran informasi maupun dengan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan SLI.

“Melalui SLI ini, kita berharap masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terkait informasi cuaca dan iklim, meningkatkan pemerintah kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan komunitas lokal, dalam penyampaian informasi cuaca dan iklim, serta membangun dukungan dan keterlibatan masyarakat dalam inisiatif penyebaran informasi terkait cuaca dan iklim,” bebernya.

Sementara, Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim melalui Kepala Seksi Kemitraan dan Hubungan Media Bidang Komunikasi Publik, Erlinda Puspita Ningrum menyambut positif atas SLI ini guna memberikan informasi dan edukasi kepada warga Banua, Kalsel Babussalam.

“Kita selalu siap sedia untuk berkolaborasi, kerja sama kemitraan publikasi informasi iklim agar nantinya masyarakat kita bisa akrab dengan iklim dan dapat mengakses informasi iklim, intinya kita siap dukung, tidak hanya pada SLI ini namun nantinya juga bisa bersinergi dengan media publikasi yang kita miliki,” ungkap Puspa.