Tanjung – Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, nyatakan siap Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dilaksanakan di kabupaten Tabalong.
“Kami siap sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2015 di kabupaten Tabalong,” ujarnya ketika memberikan sambutan pada Ekpose Hari Pers Nasional Daerah (HPND) 2015 oleh PWI Kalsel pada saat acara Coffe Morning jajaran Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Tim CSR PT Adaro Indonesia Group, di Gedung Saraba Kawa Tanjung, Senin (1/9) kemarin.
Pada perinsipnya lanjut Bupati Anang, kabupaen Tabalong siap untuk melaksanakan HPND 2015 mendatang yang diperkirakan akan digelar pada bulan Maret setelah puncak HPN 2015 pada 9 Februari 2015.
“Ekpose pada hari ini akan dilanjutkan dengan rapat dan pertemuan kembali antara pemkab Tabalong dengan PWI Kalsel dan juga SKPD-SKPD yang terlibat, sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan sukses,” ujarnya.
Menurut Anang, selama ini kerjasama antara pemda Tabalong dengan jajaran pers sangat harmonis dan akan semakin ditingkatkan lagi. Sebagai wujud nyata pemda Tabalong pada tahun 2015 nanti akan membangunkan sebuah gedung khusus untuk wartawan dengan nama Balai Wartawan.
“Kita akan membangun sebuah gedung khusus untuk wartawan dengan design tingkat dua, dimana lantai dasar sebagai aula pertemuan dan lantai dua untuk kegiatan wartawan,” tutur Anang.
“Jadi kita ingin mempertajam lagi apa yang pernah kita komandangkan puluhan tahun yang lalu tentang enteraksi positif antara pers, pemerintah dan masyarakat, dan itu sudah terbangun, inilah yang hendak kita tingkatkan lagi, mudah-mudahan interaksi positif pers, pemerintah dan masyarakat ini tumbuh dan berkembang kembali mulai Tablong untuk Kalsel,” ujar Anang,
Sementara itu Ketua PWI Kalsel Drs Fathurahman dalam ekposenya menjelaskan, kegiatan HPND 2015 adalah kelanjutan dari kegiatan HPND-HPND tahun sebelumnya. Sebelumnya PWI sudah menawarkan kepada kabupaten lainnya sebagai tuan rumah HPND 2015. “Setelah kami sampaikan kepada Bupati Tabalong bapak Anang Syakhfiani ternyata beliau langsung setuju menjadi tuan rumah HPND 2015 nanti,” ujar orang nomor satu di PWI Kalsel ini.
Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada HPND 2015 nanti diantaranya adalah pelatihan jurnalistik guru-guru, SKPD-SKPD, perusahaan dan BUMN, lomba foto, jalan santai dan futsal antara wartawan se Kalsel.
Diharapkan dukungan dan parisipasi aktif dari seluruh komponen jajaran Pemkab Tabalong, perusahaan dan BUMN serta seluruh lapisan masyarakat Tabalong untuk mensukseskan perhelatan akbar HPND 2015 di kabupaten Tabalong.
Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan cendramata berupa boneka Bakantan Icon Porwanas 2013 dan Sertipikat Penghargaan atas partisipasi Pamkab Tabalong pada Pekan Olah Raga Nasional (Porwanas) 2013 dan Munas XI PWI.  (Metro7/via)