Rachman: “Ada Lokasi yang Masih Bermasalah”
Tanjung — Untuk lebih memaksimalkan kerja tim adipura dalam rangka menyongsong penilaian tahap II, ada beberapa hal yang di persiapkan Pemerintah Kabupaten Tabalong. Di antaranya adalah pembenahan seoptimal mungkin terhadap lokasi-lokasi yang dianggap masih belum maksimal.  Yaitu  lokasi pasar dan pertokoan. Tepatnya di Pasar Kapar Murung Pudak dan Pasar Tanjung. Sedangkan lokasi pertokoan, yang masih belum tertata rapi berada di Mall Bauntung Tanjung, Mall Atthaybah Mabuun dan Terminal Barunak Tanjung.
Hal itu di ungkapkan oleh Bupati Tabalong Rachman Ramsyi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Tabalong Drs H Abdel Fadillah MSi dalam kegiatan ekspos penilaian tahap I adipura yang berlangsung di Aula Penghulu Rasyid Kantor Bupati Tabalong, Kamis (7/3) tadi.
Dalam sambutan itu Rachman menegaskan agar segera dibenahi dengan cepat dan tepat oleh Dinas/SKPD yang terkait  dengan melakukan  pembenahan berupa adanya ruang terbuka hijau (RTH) yang memadai, penanaman pohon-pohon peneduh yang cukup, fasilitas pemilahan dan pengelolaan sampah yang baik serta penataan pedagang  kaki lima yang terlihat sangat semrawut penataannya.
Pembenahan beberapa lokasi itu tak luput keterkaitannya dengan hasil penilaian tahap I adipura Provinsi Kalsel terhadap Tabalong. Dalam hasil penilaian itu ada lokasi-lokasi yang dinilai masih bermasalah sehingga perlu mendapat perhatian bersama.
“Karena ternyata pada lokasi-lokasi tersebut masih belum mendapatkan nilai positif sebagaimana yang kita harapkan. Oleh karena itu, perlu kiranya kita diskusikan bersama hal-hal yang kiranya patut kita lakukan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan itu, sehingga lokasi-lokasi yang masih bermasalah berdasarkan penilaian Tim Adipura Provinsi Kalsel dapat kita benahi sesuai standar penilaian yang digunakan oleh tim penilai,” kata bupati dalam sambutan tertulisnya.
Selain itu, bupati juga mengajak semua pihak harus optimis untuk dapat meraih peringkat terbaik se-Kalsel, bahkan dapat meraih prestasi tingkat nasional dengan penghargaan mendapat anugrah Adipura RI.
“Kita harus optimis bisa mendapatkan yang terbaik. Karna ini selaras dengan komitmen kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sekaligus menjadi langkah awal kita untuk menjadi yang  lebih baik lagi untuk masa-masa yang akan datang. Hal ini sangat relevan dengan salah satu visi kita adalah menjadikan masyarakat Kabupaten Tabalong yang sehat,” jelas bupati. (Metro7/ka)