TANJUNG, metro7.co.id – Puskesmas Mabuun wakili Kabupaten Tabalong dalam lomba penilaian kinerja tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sontak meraih juara pertama.

Puskesmas yang berlokasi di jalan Ir PHM Noor Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel itu belum lama tadi terpilih sebagai terbaik satu karena memiliki beragam inovasi terlebih dalam hal tangani stunting.

Menanggapi hasil tersebut, Kepala Puskesmas Mabuun, Dokter Tenry Ariany membenarkan bahwa pihaknya meraih juara I lomba penilaian kinerja berprestasi puskesmas tingkat kalsel mewakili tabalong. “Ya betul alhamdulillah,” ujar Dokter Tenry kepada metro7, pada Sabtu (29/7/2023) di ruang kerjanya.

Sebelumnya sekitar Dua Bulan yang lalu pihaknya juara pertama lomba kinerja puskesmas tingkat Kabupaten Tabalong. Sedangkan hasil pengumuman juara tingkat Kalsel ia mengatakan pada Senin 24 Juli 2023 dengan Surat Keputusan (SK) nomor : 400.7.2.3/ 4506 -YK.1/VII/Dinkes.

“Tanggal 26, kami dapat info berupa surat keputusan dari dinas kesehatan provinsi bahwa puskesmas mabuun terpilih menjadi juara satu puskemas kinerja berprestasi di kalimantan selatan” ucapnya.

Kemudian mengenai indikator yang membuat puskemas mabuun dapat meraih juara. Ia menyebutkan ada beberapa indikator, salahsatunya yaitu kepala puskesmasnya sudah mendapatkan pelatihan manajemen puskesmas sebagai standar untuk menjalankan administrasi dan manajemen di puskesmas.

Juga puskesmasnya sudah terakreditasi dan mempunyai Rencana Usulan Kegiatan (RUK) serta Rencana Pelaksana Kegiatan (RPK) yang telah terstruktur.

“Lalu kegiatan yang sudah kami lakukan itu juga sudah memenuhi kriteria Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditentukan oleh Kementrian Kesehatan,” tuturnya. ***