BARABAI – Kecintaan serta penghormatan yang dalam terhadap ulama terlihat ketika Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Harun Nurasid menghadiri haul Ke-33 KH. M. Ramli, acara haulan tokoh yang kondang dengan sebutan Wali Katum ini berlangsung di Lingkungan Makam Wali Katum Desa Tabudarat Hilir, Minggu(22/6) pagi.
“Dengan membludaknya para jamaah yang hadir dalam acara Haul ini, tidak dipungkiri lagi Wali Katum adalah ulama yang sangat dihormati dan dicintai oleh masyarakat,“ ungkap Harun.
Orang nomor satu di Kabupaten HST ini juga mengajak masyarakat setempat
untuk terus menjaga dan meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan untuk membangun Bumi Murakata, terutama berhubungan dengan pendidikan membaca Alqur’an. Ia menuturkan HST merupakan kabupaten yang menghasilkan santri Alqur’an terbanyak dengan 2000 lulusan tiap tahunnya.
Acara ini diisi dengan pembacaan Shalawat dan Tahlil yang dipimpin oleh KH.
Asmuni. Ulama yang akrab dengan sapaan Guru Danau ini menceritakan kisah seorang KH. M Ramli atau Wali Katum semasa hidupnya.
Dalam kesempatan itu Bupati Harun Nurasid didampingi Dandim 1002/Barabai Letkol Inf. Sulaiman Amirudin dan Sekretaris Daerah HST H. Agung Parnowo serta  beberapa kepala SKPD lingkup pemerintah daerah HST.
Seperti diketahui, Wali Katum merupakan sosok yang serhana dengan nama
kecil Artum, Beliau wafat tanggal 24 Juni 1982 M bertepatan dengan tanggal
29 Sya’ban 1402 H pada usia sekitar 70 tahun.Beliau dimakamkan di desa Tabu
Darat kecamatan Labuan Amas Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah. (AdvHumHST)