BANJARMASIN, metro7.co.id – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin berharap, ketua dan para wakilnya serta jajaran di masa bhakti periode 2024-2029 semakin terjalin erat sinergitas.

Karena hanya dengan kebersamaan dan gotong royong inilah, dapat mewujudkan Banua yang lebih maju, sejahtera, dan berkeadilan.

“Mari kita jaga bangunan kolaborasi, komunikasi yang intensif, kritik konstruktif dan berorientasi pada solusi, demi kepentingan daerah dan masyarakat,” sampai Gubernur Kalsel melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Dian Nur dalam rapat paripurna pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kalsel periode 2024 – 2029, Senin (7/10), di Banjarmasin.

Pelantikan dan pengucapan sumpah dilakukan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK (Partai Golkar) bersama para wakil yakni H Kartoyo (Partai Nasdem), Muhammad Alpiya Rakhman (Partai Gerindra), dan Desy Oktavia Sari (Partai Amanah Nasional).

Menurut Gubernur lagi, dalam konteks penguatan fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran, kolaborasi yang harmonis antara Pemprov dan DPRD akan menjadi kunci keberhasilan pembangunan.

Selanjutnya, Gubernur Sahbirin mengingatkan, di tengah dinamika tahun politik 2024 yang dihadapi saat ini, khususnya menyambut pilkada serentak tahun ini, gubernur mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga harmonisasi dan stabilitas politik daerah.

Perbedaan pilihan politik ujarnya merupakan hal yang wajar dalam berdemokrasi, namun jangan sampai membuat terpecah belah dan
kehilangan fokus dalam membangun daerah. Tahun politik juga menjadi momentum bagi Kalsel untuk semakin dewasa dalam berdemokrasi.

Sementara, usai dilantik dan pengucapan sumpah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengajak jajarannya untuk bahu membahu dan bekerja sama mencapai ‘Kalsel Maju’ sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Tingkatkan kedisiplinan yang tinggi menjadi komitmen kita bersama dan komitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalsel,” ajak Supian HK kepada jajarannya sembari minta bimbingan tokoh masyarakat dan ulama dalam menjalankan amanah yang diberikan.

Tugas ke depan, ujarnya mempercepat alat alat kelengkapan dewan. “Kemudian berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam proses pembangunan di Provinsi Kalsel Babussalam ini,” tutupnya.