BANJARBARU, metro7 co.id – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan, Lahan (Karhutla) dan Kekeringan Tahun 2024 bersama relawan, di Gedung KH Idham Chalid, Perkantoran Gubernur Kalsel, di Banjarbaru Jumat (16/8) pagi.

Tampak hadir perwakilan TNI/Polri, serta jajaran anggota BPBD Kabupaten/Kota yang telah menjadi relawan bersertifikat.

Dalam rakor tersebut akan dibahas terkait update kondisi dinamika atmosfer-laut, perkembangan musim kemarau, prediksi iklim dan indeks kesesuaian iklim untuk kejadian karhutla dan monitoring kualitas udara.

Gubernur Kalsel menyampaikan, bahwa selama kurun waktu setengah tahun ini tidak ada kebencanaan daerah yang muncul, sehingga patut bersyukur dapat menikmati setiap rangkaian kegiatannya.

“Tahun 2024 ini, kita bersyukur bahwa tidak ada ancaman bencana yang muncul. Dapat bernafas dengan lega menikmati hari-hari, namun perlu kesiapsiagaan bencana itu,” ucap Sahbirin Noor saat pimpin rapat.

Menurutnya, karhutla merupakan bencana tahunan yang perlu dicegah sehingga seluruh relawan harus disiapkan. Selama ini, dirinya merasakan cuaca yang silih berganti, terkadang menghadapi suasana hujan dan kemudian panas.

“Dengan begitu, kita tidak ingin lengah. Dan kita tidak mau seenaknya, karena merasa enak sekarang yang khawatirnya tanpa pencegahan. Oleh karena itu, rakoor ini sangat penting sekali,” ungkapnya.

Di musim kemarau, Gubernur menekankan agar seluruh relawan mampu mendeteksi bencana karhutla itu sebelum terjadi kondisi besar seperti tahun-tahun sebelumnya. Dirinya pun mengingat bahwa dulu pernah ada masalah dengan negara tetangga karena karhutla.

Pada masa itu, Gubernur Sahbirin Noor pernah datang langsung ke suatu daerah yang menghadapi bencana karhutla. Kebakaran lahan itu sampai hampir menyentuh rumah warga, menurutnya peristiwa tersebut disaksikan langsung, bahkan warga sempat melarang Gubernur untuk masuk ke wilayah tersebut.

“Dengan peristiwa itu, kita harus belajar dalam menghadapi bencana. Dan kita harus sudah tahu berbuat apa sebelum terjadi karhutla besar,” tegas Sahbirin.

Sementara, Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah menyampaikan, pihaknya akan melakukan banyak rapat koordinasi daerah ke depannya, demi mengatasi ancaman bencana kebakaran hutan, lahan dan kekeringan.

Suria menjelaskan, pihaknya akan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) mengenai relawan di daerah. Menurutnya, lewat kegiatan mitigasi bencana itu diharapkan agar mengurangi potensi karhutla terjadi.

BPBD Provinsi Kalsel mendirikan sebanyak 6 posko bencana, di antara itu terdapat 1 posko gabungan di wilayah jalan Ahmad Yani Kilometer 17, Landasan Ulin. Suria menerangkan, hal itu berhubungan mengenai aktivitas penerbangan pesawat maka dianggap sebagai area ring 1.

“Sebab itu sesuai arahan Bapak Gubernur, kita akan memperkuat dan meningkatkan SDM bagi relawan bencana,” tandasnya.

Suria juga menyebut dan menyoroti di sejumlah daerah terdeteksi sebanyak 16 titik panas (hotspot), sehingga perlu adanya kesiapsiagaan bencana karhutla untuk mencegah secara dini.

Rakor selain diisi pemaparan dari berbagai narasumber yang berkaitan dengan kebencanaan, juga dilakukan sharing tanya jawab dari peserta.