BANJARMASIN, metro7.co.id – Setelah sebulan lamanya, umat islam menunaikan ibadah berpuasa dan saatnya merayakan hari kemenangan pada 1 Syawal 1444 Hijriah tahun 2023 .

Sangat jelas kebahagiaan begitu terpancar dan terlihat dari keluarga Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin menyambut lebaran, Sabtu (22/4) pagi.

Selepas menjalankan ibadah Salat Ied di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Paman Birin dan keluarga melaksanakan tradisi bermaaf-maafan atau sungkeman, di kediaman rumah dinasnya di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Tradisi sungkeman dilakukan oleh istri ke suami, anak ke orang tua atau keluarga yang dituakan. Biasanya sebagai bentuk bakti sang anak pada orang tua atau menghormati orang yang dituakan.

Tradisi sungkeman pun dimulai dengan Paman Birin secara bergantian dan saling memaafkan dari istri, anak, menantu dan cucunya.

Sungkeman diawali oleh istrinya Hj Raudatul Jannah dengan bersimpuh dan mencium tangan Paman Birin sebagai bakti seorang isteri yang selalu mendampingi suami dalam suka dan duka.

Setelah itu secara bergiliran anak-anak Paman Birin dimulai dari Sandi Fitrian Noor dan istrinya, lalu Anak keduanya Noor Azizah Zaimah dan anak ketiganya Noor Azkya Alimma.

Pada momen sungkeman itu, Paman Birin dan istri juga tampak bahagia dengan kehadiran cucu keduanya di antara keluarga.

Selesai sesi sungkeman tersebut , Paman Birin tidak lupa mengabdikan momen bahagia itu dengan berfoto bersama keluarga tercintanya.

Dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, mengungkapkan rasa bahagianya. “Alhamdulilah, lebaran ini kita saling mendoakan kebahagian penuh keberkahan untuk semua warga Banua dan Indonesia,” ungkap Paman Birin.

Selesai acara sungjenan keluarga, Paman Birin menemui para tamu yang datang ingin bersilaturahmi di hari raya Idul Fitri, meski tidak menggelar open house, Paman Birin pun secara terbuka menerima tamu bergantian yang datang ke kediamannya.