BANJARMASIN, metro7.co.id – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Roy Rizali Anwar menghadiri Rapat Paripurna DPRD, Rabu (21/8), di ruang rapat H Mansyah Addrian Gedung DPRD Kalsel di Banjarmasin.

Agenda rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Karmila itu, yakni pengambilan Keputusan atas Perubahan Materi dan Jadwal Kegiatan DPRD Provinsi Kalsel bulan Agustus Tahun 2024, dan penjelasan Gubernur Kalsel atas Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan.

Gubernur Sahbirin Noor dalam sambutan tertulis menyampaikan, tahapan penyampaian penjelasan ini sangat penting dalam proses pembentukan raperda yang dimaksud, karena memuat rencana keuangan yang digunakan Pemprov Kalsel untuk melaksanakan pelayanan umum dalam satu tahun anggaran.

Melalui perencanaan yang matang dan kolaborasi antar eksekutif dan legislatif inilah, dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai pembangunan daerah.

“Melalui ini, kita ingin mencapai kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Kalsel dan DPRD Provinsi Kalsel, atas kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasari dalam pencapaian target perencanaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam sambutan Gubernur Kalsel menyampaikan, tema pembangunan Kalsel di Tahun 2024 ialah, “Peningkatan Kualitas Daya Saing Daerah untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif”.

Tema ini memberi gambaran bahwa pembangunan Provinsi Kalsel Tahun 2024 diarahkan untuk meningkatkan daya saing daerah dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip fundamental dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Tahun 2024 ini akselerasi atau percepatan pembangunan daerah dilakukan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Tentu percepatannya tetap pada tujuan dan bingkai utamanya yaitu untuk mewujudkan visi misi Kalsel Maju dengan tetap berpegang pada koridor peningkatan kesejahteraan kehidupan masyarakat secara menyeluruh.

Disebutkan lagi, ada empat empat fokus pembangunan Provinsi Kalsel tahun 2024 yakni peningkatan sumber daya manusia pada sektor pendidikan kesehatan dasar kemiskinan dan kesempatan kerja, pemerataan infrastruktur dasar dan konektivitas, struktur perekonomian untuk mendukung pengembangan digitalisasi UMKM, dan hilirsasi industri pertanian pariwisata menuju investasi ekonomi hijau.

Dibacakan juga postur APBD yang tertuang dalam Raperda APBD Perubahan dan penjabaran APBD Perubahan Tahun anggaran 2024. Dan penjelasan rincinya terdapat pada dalam buku rancangan Perda APBD-P Provinsi Kalsel TA 2024 yang diserahkan pada kesempatan itu.