BARABAI, metro7.co.id – Bupati HST H A Chairansyah serahkan secara simbolis pada acara Launching Bansos Beras pada keluarga PKH HST Tahun 2020, di Kantor Bulog Subdrive Barabai, Senin (7/9).

Acara dirangkai dengan launching Bansos Beras dengan ditandai penyerahan secara simbolis oleh Bupati kepada tiga perwakilan KPM Hartini Muliana, Wahidah, dan Rusdiah.

Kepala Dinsos PPKBPP & PA H M Yusuf mengatakan, program bantuan sosial beras ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM PKH di HST.

“Selain itu, juga agar kebutuhan pangan beras bagi keluarga terdampak Covid-19 bisa terpenuhi dan tetap terjaga kesehatannya,” katanya.

Penyaluran sembako pada penerima PKH di HST sebanyak 8.306 KPM, masing-masing mendapatkan 15Kg/KPM atau jumlah beras sebanyak 124.590 kg/bulan.

Program ini berlangsung untuk periode Juli sampai September dengan volume beras yang disalurkan sebesar 15 kilogram (kg)/KPM per bulan.

Artinya, setiap penerima manfaat akan memperoleh 45 kg beras kualitas medium sampai September.

Pada bulan September ini, akan disalurkan sebanyak 2 bulan, yaitu untuk bulan Juli dan Agustus. Jadi setiap KPM akan menerima 30 kg Beras.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bulog Subdrive Barabai Budiawan mengemukakan, penyaluran yang dimulai pada September ini dengan volume untuk alokasi dua bulan sekaligus.

“Yakni 30 kg dengan jumlah KPM 8.306. maka, total stok beras kelolaan Bulog yang akan disalurkan mencapai 249.180 kg,” ucapnya.

Seterusnya, terkait dua fungsi Bulog. Pertama, menjaga harga di Tingkat Konsumen dan Produsen, bagaimana Bulog mampu menjaga harga di tingkat produsen dan bagaimana Bulog menjaga harga di tingkat konsumen.

Kedua, aspek komersial, selain harus memenuhi aspek sebagai stabilisator, Bulog juga memiliki fungsi komersial, karena sebagai BUMN harus memiliki pendapatan untuk menghidupi dan membesarkan Bulog secara keseluruhan.

Bupati HST, H A Chairansyah menambahkan, Pemerintah kembali menyalurkan Bansos untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat karena dampak pandemi.

“Bansos beras ini merupakan salah satu program jaring pengaman sosial yang merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Bulog,” kata Chairansyah.

Atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat HST ucapnya, terima kasih kepada Kementerian Sosial serta Bulog dengan adanya Program Bantuan Sosial ini.

Chairansyah berharap, untuk keluarga penerima manfaat dapat menggunakan bantuan beras ini guna memenuhi kebutuhan keluarga.

“Khususnya pemenuhan asupan karbohidrat, sehingga dapat menunjang peningkatan imunitas tubuh dalam menghadapi wabah bencana Covid-19 di HST,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinsos PPKBPP & PA, Kepala Bulog Subdrive Barabai beserta jajaran, PT BGR, SekCam Barabai, Para Pendamping PKH koordinator Kab/Kec, dan Penerima Simbolis Bansos Beras. ***