Satuan Polisi Resort (Polres) kabupaten Hulu Sungai Tengah  melakukan simulasi pengamanan pemilu di Halaman Stadion Murakata, desa Mandingin,  Rabu (26/8). Simulasi tersebut bertujuan untuk mengamankan jalannya pemilu kepala daerah 9 Desember 2015 serta mengamankan massa selama Pra-Pemilu , berlansungnya Pemilu dan Pasca Pemilu.
 Dalam kegiatan simulasi ini melibatkan ratusan personil dari Polres HST, dimana simulasi ini seluruh anggota yang terlibat memperagakan bagaimana cara melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap kotak suara hasil pelaksanaan Pemilu dari TPS yang akan dibawa kekantor. Kemudian dilanjutkan dengan adanya protes dari salah satu caleg dan simpatisannya di kantor KPU yang berujung pada aksi anarkis massa.
 Dalam simulasi tersebut juga ditampilkan kesigapan pasukan pengendali massa (Dalmas) Polres HST dan unit mobil meriam air untuk menghadang massa yang berdemo sampai ada beberapa aksi pelemparan kepada petugas. Dan diperlihatkan pula para petugas keamanan juga bekerja sama dengan anggota Satuan Polisi Pamong Praja HST melakukan pengamanan dan patrol pada saat tahapan masa tenang sesudah kampanye.
 Kapolres HST AKBP Syahril Saharda sebelumnya dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2014, mengatakan bahwa kegiatan simulasi tersebut merupakan salah satu persiapan Polri untuk melakukan pengamanan Pemilukada 2015 mendatang, dengan melakukan simulasi ini diharapkan seluruh anggota yang bertugas sigap melakukan pengamanan bila terjadinya gangguan keamanan pada jalannya Pemilu April mendatang.
 ” Dalam operasi pengamanan ini personel yang terlibat ada 339 orang dari Polri dan TNI serta dari Linmas sebanyak 1276 orang, yang akan disebar di 638 TPS di seluruh Kabupaten HST, ” tuturnya.
 Turut berhadir dalam simulasi tersebut Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Dandim 1002/Barabai Letkol Inf. Krido Pramono, Kepala Kejaksaan Barabai Bambang Marsana, Ketua Pengadilan Negeri Barabai H Agus Nazaruddinsyah, Perwakilan DPRD kabupaten HST dan perwakilan Batalyon 621/Manuntung, Ketua KPU kab HST Subhan, Ketua Panwaslu HST M. Ahsani, juga tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati HST Andi Mahmudi dan Anwar Effendi, pasangan H Harun Nurasid dan H Aulia Oktafiandi,serta pasangan H Abdul Latief dan Chairiansyah. AdvHumHST