BATULICIN, metro7.co.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka menghadiri kegiatan Temu Forum Anak Kabupaten Tanah Bumbu, di Ruang Rapat Bersujud I, Kantor Bupati. Senin, (24/6/2024).

Temu Forum Anak ini mengangkat tema ”Partisipasi Aktif Anak Dalam Pembangunan Menuju Tanah Bumbu Yang Ramah Anak”

Sekda Ambo Sakka berpesan untuk kegiatan ini, Pertama jangan sampai anak-anak dekat dengan hal negatif, seperti narkotika dan anak-anak harus memiliki kompetensi dan prestasi.

Kedua berteman itu di pilih-pilih, sehingga dapat memberikan karakter menjadi lebih baik, bukan sombong tapi lingkungan menentukan karakter seseorang.

Ketiga, harus memiliki daya saing, sehingga bisa bersaing dengan anak-anak di luar Kabupaten atau Provinsi lainnya.

Ia juga berharap dengan program Bupati Abah Zairullah Azhar yaitu Satu Desa Satu Masjid (SDSM) dapat memberikan anak-anak yang berkecimpung di program ini 10 tahun ke depan bisa menjadi manusia yang paripurna atau generasi emas pada Tahun 2045.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A2PKB) Erli Yuli Susanti menyampaikan
bahwa kegiatan tersebut adalah dalam rangka memastikan hak-hak anak yang ada di Tanah Bumbu.

Ia juga menyampaikan Forum Anak adalah mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalaham anak dan wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang di bentuk secara berjenjang mulai dari Nasional. Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa atau Kelurahan.

”Untuk di Tanah Bumbu sudah terbentuk forum anak tingkat kabupaten satu, dan untuk tingkat kecamatan ada 12 dan untuk di tingkat desa masih 52, jadi masih ada sekitar 100 lebih yang harus kita bentuk forum anak Desa,” ungkalnya.

Ia juga menyampaikan jumlah peserta forum anak yang berhadir ada sekitar 116 forum anak dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Selain membuka kegiatan itu, Sekda Ambo Sakka beserta pejabat lainnya juga mendengar aspirasi dari setiap perwakilam forum anak di setiap kecamatan. ***