BARABAI, metro7.co.id – Bertema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, Pemkab HST melalui Dinsos PPKB PPPA Peringati Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 dengan menggelar lomba Permainan tradisional.

Acara dibuka oleh Bupati HST, H Aulia Oktafiandi didampingi Ketua TP PKK HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, di Taman Dwi Warna Barabai, Minggu (6/8).

Pengguntingan pelepasan balon udara sebagai tanda dimulainya rangkaian acara HAN Tahun 2023.

Acara dihadiri Wabup HST H Mansyah Sabri, Dandim 1002/HST, Ketua GOW HST, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Plt Kadinsos PPKB PPPA, Plt Kadisporapar, jajaran Dinas Pendidikan, Forum Anak Daerah HST dan Undangan lainnya.

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menyampaikan rasa bahagia karena dapat berkumpul bersama-sama anak-anak dan juga para orang tua serta guru, untuk merayakan dan menghormati peran penting anak-anak sebagai generasi penerus bangsa

“Mari menjadi pahlawan bagi anak-anak kita, saya ingin mengajak para orang tua dan para guru untuk terus memberikan dukungan dan cinta kepada anak-anak kita, khususnya kepada para orang tua sebagai pendamping yang setia dalam proses pembelajaran dan pertumbuhan mereka,” ajak Bupati.

Aulia juga menyampaikan, dimana dari permainan tradisional yang dilombakan seperti balogo, badaku, dan batungkau (enggrang) terkandung nilai -nilai kejujuran, kebersamaan, sikap kerja keras dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan persoalan.

“Dengan berbagai permainan tradisional ini, mari kita perkenalkan dan tanamkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal pada anak-anak kita dan juga ciptakan generasi yang cerdas, unggul dan berkarakter,” katanya.

“Semoga semangat kebersamaan kita terus menyala dalam mengawal masa depan gemilang anak-anak Indonesia, Selamat Hari Anak Nasional, karena anak-anak adalah penerus Bangsa yang berharga,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinsos PPKB PPPA melalui Plt, Kabid PPPA Neneng Murdika mengatakan, rangkaian HAN dengan digelar bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Bank Kalsel Cabang Barabai, Balai Rakyat Creative Hup dan Forum Anak Daerah HST. “HAN akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 7 Agustus 2023 di Pendopo HST,” ujarnya.

“Tujuan dari kegiatan adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa dan mengenalkan serta melestarikan permainan trasisional Indonesia kepada anak,” tutupnya.

Acara dirangkai dengan penyerahan Bendera Merah Putih secara simbolis oleh Bupati HST, Wabup HST dan Dandim 1002/HST kepada anak-anak, pedagang dan pengunjung care free day sebanyak 250 buah.