Barabai — Sebagai wujud penghormatan dan kecintaannya  terhadap ulama, Bupati HST H Harun Nurasid bersama ribuan warga dari dalam dan luar daerah berbondong-bondong menghadiri Peringatan Haul KH Mahfuz Amin, salah seorang pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin yang ada di Desa Pamangkih, Sabtu (26/10) tadi.
Acara haulan ini dihadiri oleh sejumlah habib dan beberapa ulama kondang HST, termasuk KH Mochtar pengasuh Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih. Ribuan kaum muslimin dan muslimat juga terlihat memenuhi ruangan dan halaman mushola yang berada di komplek pondok pesantren tersebut.
“KH Mahfuz Amin merupakan sosok yang dicintai oleh masyarakat, pribadi beliau yang begitu gigih mensyiarkan Islam di HST patut kita teladani,“ kenang Harun ketika menyampaikan sambutannya.
Orang nomor satu di Bumi Murakata ini juga mengajak masyarakat setempat untuk terus menjaga dan meningkatkan semangat untuk menempuh pendidikan agama sehingga SDM HST semakin meningkat, secara Iptek maupun Imtak.
Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Soleh, kegiatan ini dilaksanakan memang bertujuan untuk mengenang sosok pendiri Pondok Pesanteran Ibnul Amin Pamangkih. “Kegiatan ini dilaksanakan tidak lain adalah utnuk mengenang sosok yang sangat kita banggakan, KH Mahfuz Amin, seorang pendiri Pondok Pesantren Ibnul Amin ini, banyaknya jamaah yang hadir pada tahun ini merupakan bukti bahwa sosok beliau masih dicintai oleh masyarakat,” katanya.
Pondok Pesantren Ibnul Amin Pamangkih didirikan secara resmi pada tanggal 11 Mei 1959 M / 22 Syawal 1378 H oleh KH. Mahfuz Amin bersama para ulama lainnya seperti KH Mochtar HS yang kini menjadi penerus membesarkan pesantren ini baik fisik dan sistem pendidikannya.
Acara ini diisi dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh KH Ahmad Sama’ani dari Banjarmasin dan tausiyah yang diisi oleh Habieb Muhammad Jadid bin Abdurrahman Assegaf dari Jakarta. AdvHumHST