Bupati HST H Harun Nurasid didampingi Ketua TP PKK HST Hj  Tintainah Harun Nurasid meresmikan Asrama Keluarga Mahasiswa Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan Yogyakarta (KM-HST-Y) sekaligus bersilaturrahmi di Jalan Taman Siswa Gang Joyonegoro Mg.II/900 RT.43 RW 13 Kecamatan Mergangsan Yogyakarta, Sabtu (17/3/2012) lalu sekira pukul 21.00 Wita.
Ketua KM-HST-Y Muhammad Khaidir mengungkapkan, dengan telah diresmikannya Asrama Mahasiswa ini, berarti terealisasilah sudah perjuangan panjang dan impian para mahasiswa di Yogyakarta untuk memiliki  asrama sendiri sebagaimana telah mereka usulkan Kepada Pemerintah Kabupaten sejak tahun 2006 silam melalui organisasi kemahasiswaan Persatuan Mahasiswa Murakata (PMM) Yogyakarta yang kemudian menjadi KM-HST-Y.
“Usulan untuk memiliki asrama yang refresentatif  dan mewadahi mahasiswa asal HST telah lama kami sampaikan dan baru di masa kepemimpinan Bupati HST H Harun Nurasid inilah dapat dikabulkan. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan perhatian besar Pemerintah Kabupaten HST. Asrama ini sangat menunjang keberhasilan kuliah kami,” katanya.
Bupati HST H Harun Nurasid dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dapat bertemu dengan mahasiswa. Ia pun berharap asrama yang diresmikan dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang prestasi dan keberhasilan kuliah.
Diingatkannya agar para mahasiswa tetap bersemangat menuntut ilmu, kreatif dan mampu bersaing  dengan daerah lainnya, menjaga moral, akhlak  dan karakter yang baik di banua urang, sesuai tuntutan dan kearifan lokal bumi Murakata yang bernuasa religius
“Para Mahasiswa kita diharapkan juga dapat memberikan masukan dan saran membangun bagi daerah, agar pembangunan dan kemajuan di daerah lain dapat diadaptasi di daerah. Idealisme yang diiiringi semangat membangun, akan membawa perubahan bagi daerah. Kabupaten HST di tengah keterbatasan anggaran, tetap berupaya memikirkan mahasiswa yang kuliah di luar daerah, demi peningkatan SDM Banua,” katanya.
Peresmian Asrama Keluarga Mahasiswa Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan Yogyakarta (KM-HST-Y) ditandai penyerahan papan nama asrama oleh Bupati HST kepada Ketua KM-HST-Y, dilanjutkan peninjauan ruang asrama dan dialog dengan para mahasiswa yang antusias menyampaikan beragam aspirasi dan masukan dipimpin Kabag Kesra H Abdul Gafar.
Muhammad Tahdianoor Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyampaikan harapan agar asrama Murakata ke depan bukan hanya berstatus kontrak, melainkan  dipermanenkan menjadi aset daerah, mengingat jumlah mahasiswa yang terus berkembang serta invetaris yang dimiliki asrama juga sudah lumayan banyak dan baik.
Saat ini ada 40 mahasiswa asal HST yang tengah menuntut ilmu di Yogyakarta, tersebar di beberapa Perguruan Tinggi, seperti UIN Sunan Kalijaga, UMY, UGM, UII, Universitas Achmad Dachlan. Asrama terdiri dari tujuh ruangan di mana masing-masingnya dapat dihuni dua orang mahasiswa, dijadikan sebagai pusat hunian mahasiswa HST, penunjang kuliah dan kegiatan organisasi kemahasiswaan.
Kepala Bappeda HST H Hasbi yang juga salah satu Alumni Mahasiswa Yogyakarta menambahkan, agar mahasiswa dapat menjaga kerukunan, kekompakan dan prestasi.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan HST H Agung Pranowo, Kepala Bappeda HST H Hasbi, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Harnan Humaidi, Kepala Dinas PU Riduan, Kepala DPP Koperasi dan UMKM M Yusuf serta Pimpian SKPD lainnya, Para Asisten, Kabag Kesra Setda HST H Abdul Gaffar, Para Mahasiswa Asal Kabupaten HST serta undangan lainnya. advhst